Fakta

15 Fakta Unik Tentang Armadillo

Tentang Armadillo

Armadillo adalah satu-satunya mamalia yang tubuhnya ditutupi dengan cangkang keras. Hanya satu spesies armadillo (armadillo berberkas sembilan) yang hidup di Amerika Utara. 19 jenis lainnya hidup di Amerika Selatan.

Mereka mendiami padang rumput, hutan hujan, dan daerah setengah kering. Sebagian besar spesies armadillo terancam punah karena hilangnya habitat dan perburuan.

Fakta Tentang Armadillo

  1. Mereka bervariasi dalam ukuran, rata-rata 5-59 inci panjangnya dan hingga 3-120 pound beratnya.
  2. Armadillo bisa berwarna merah muda, coklat tua, hitam, merah, abu-abu atau kekuningan.
  3. Seluruh tubuh mereka (kepala, punggung, kaki dan ekor) ditutupi dengan lempeng bertulang.
  4. Hanya armadillo berberkas tiga yang bisa meringkuk seperti bola (mirip trenggiling) untuk melindungi diri dari predator. Armadillo lainnya berlari atau menggali lubang ketika mereka perlu melarikan diri dari pemangsa.
  5. Kaki dan cakar panjangnya disesuaikan dengan sempurna untuk menggali. Mereka dapat menggali dan membuat jaringan terowongan di bawah tanah dalam waktu singkat.
  6. Armadillo tidur 16-18 jam per hari di liang mereka.
  7. Armadillo juga menggali tanah untuk menemukan makanan favorit mereka (serangga). Selain serangga, mereka suka makan mamalia kecil, anak burung, telur, bangkai, akar dan buah.

Fakta ke 2 Armadillo

  1. Seperti hewan pemakan semut, Armadillo juga memiliki lidah lengket panjang yang bekerja dengan sempurna ketika mereka berburu semut dan rayap. Mereka juga memakan semut api.
  2. Mereka memiliki penglihatan yang buruk dan menggunakan indra penciuman yang dikembangkan dengan baik untuk menemukan mangsanya.
  3. Hewan Armadillo adalah perenang yang hebat. Mereka bisa menahan nafas selama 6 menit saat mereka menyelam.
  4. Mereka juga pendaki yang luar biasa. Mereka dapat memanjat pagar jika mereka tidak bisa menggali tanah saat terdesak oleh predator.
  5. Reproduksi armadillo sangat unik. Meskipun musim kawin terjadi pada bulan Juli, Armadillo betina hamil pada bulan November. Ini disebut “implantasi tertunda”. Armadillo betina dapat menunda kehamilannya sampai kondisi lingkungan memadai dan bersahabat.
  6. Dari satu telur, 4 armadillo identik akan lahir. Mereka disebut kembar empat.
  7. Bayi armadillo lahir tanpa lempeng bertulang yang menutupi anggota tubuhnya. Dibutuhkan beberapa minggu bagi kulit Armadillo untuk berubah menjadi baju besi yang keras.
  8. Armadillo berumur 4-7 tahun di alam liar dan hingga 12-15 tahun di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *