15 Fakta Unik Tentang Hewan Oryx (Kijang Arab)

5/5 (1)

Tentang Oryx

Oryx adalah jenis kijang. Ada empat spesies oryx. Satu spesies sudah punah di alam liar karena banyak perburuan, tetapi masih ada beberapa hewan oryx yang hidup di penangkaran (seperti kebun binatang).

Oryx dapat ditemukan di bagian timur dan selatan Afrika, di Oman dan Yordania. Mereka hidup di daerah kering atau semi kering seperti gurun, sabana dan stepa.

hwan oryx

Fakta Tentang Oryx

  1. Oryx adalah kijang besar. Panjangnya mencapai 5 hingga 7 kaki, tingginya 18 hingga 35 inci dan berat antara 220 hingga 450 pon, tergantung pada spesies.
  2. Oryx mudah dikenali oleh leher seperti kuda dengan surai, kepala putih ditutupi dengan bercak segitiga hitam dan tanduk panjang berbentuk V yang bisa lurus atau melengkung ke belakang. Betina memiliki tanduk yang lebih tipis daripada jantan. Panjang tanduk biasanya 2 sampai 3 kaki.
  3. Oryx adalah hewan teritorial yang menggunakan tanduknya untuk membangun dominasi dalam kawanan. Oryx jantang yang dominan menggunakan kotorannya untuk menandai wilayah kekuasaannya.
  4. Oryx hidup dalam kelompok yang ukurannya tergantung pada makanan yang tersedia. Ketika makanan berlimpah (setelah musim hujan), oryx dapat ditemukan dalam kelompok yang terdiri dari beberapa ratus hewan. Selama musim kemarau, ketika makanan langka, oryx hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari kurang dari 30 ekor hewan.
  5. Oryx adalah herbivora yang lebih suka makan rumput dan semak berduri. Mereka makan pada pagi dan sore hari, ketika suhunya lebih rendah.
  6. Oryx dapat bertahan lama tanpa air (bahkan beberapa minggu). Juga, tanaman tertentu, seperti semangka, akar bawah tanah dan umbi, dapat memberikan kelembaban yang cukup.
  7. Oryx memiliki mekanisme unik yang membantunya bertahan hidup dalam kondisi gersang dan gurun di mana suhunya paling tinggi. Tidak seperti mamalia lain, oryx dapat menaikkan suhu tubuhnya untuk mencegah keringat dan hilangnya air-tubuh pada siang hari. Ini juga menggunakan jaringan kapiler tertentu di hidung untuk mendinginkan darah yang mengalir ke otak. Pendinginan darah mencegah pemanasan otak yang berlebihan.

Fakta ke 2 Oryx

  1. Oryx memiliki indra penciuman yang sangat baik. Oryx dapat mendeteksi curah hujan 50 mil jauhnya. Setelah curah hujan terdeteksi, seluruh kelompok bergerak.
  2. Sama seperti antelop lainnya, oryx menggunakan kecepatannya untuk menghindari predator. Oryx dapat lari hingga mencapai kecepatan 37 mil per jam.
  3. Saat dihadapkan dengan ancaman langsung, hewan dalam kawanan berdiri menyamping agar tampak lebih besar. Jika itu tidak menakuti predator – oryx akan menggunakan tanduk panjangnya untuk pertahanan diri.
  4. Predator alami oryx adalah singa, anjing liar, dan hyena.
  5. Oryx tidak memiliki musim kawin, yang berarti oryx dapat kawin sepanjang tahun.
  6. Kehamilan berlangsung selama 8 setengah bulan. Bayi oryx dapat langsung berjalan setelah ia lahir, tetapi ia tetap bersembunyi di rumput selama beberapa minggu pertamanya, sampai warna tubuh oryx yang khas muncul.
  7. Oryx muda minum susu antara 6 dan 9 bulan. Oryx mencapai kematangan seksual pada usia dua tahun. Pada saat itu, oryx muda biasanya meninggalkan kawanan mereka dan bergabung dengan yang lain.
  8. Oryx berumur 20 tahun di penangkaran dan di alam liar (jika kondisi lingkungannya baik).

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *