Fakta

15 Fakta Unik Hewan Tasmania Devil

Tentang Tasmania Devil

Tasmania devil adalah karnivora berkantung terbesar. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Pulau Tasmania (Australia). Mereka lebih menyukai semak belukar pantai dan hutan.

Setan Tasmania hidup di berbagai wilayah Australia di masa lalu, tetapi jumlahnya menurun pada paruh pertama abad ke-20 sebagai akibat dari perburuan intensif (petani menganggap setan Tasmania sebagai hama) dan karena pengenalan Dingo (anjing liar) ke Australia.

Setan Tasmania berada di bawah perlindungan sejak 1941, tetapi jumlahnya masih rendah karena rentan terhadap penyakit tumor wajah setan, yang menular, fatal, dan sejauh ini tidak dapat disembuhkan.

Fakta Tentang Tasmania Devil

  1. Setan Tasmania terlihat seperti anjing berukuran sedang. Panjangnya bisa mencapai 30 inci dan berat hingga 26 pon.
  2. Tubuh setan Tasmania ditutupi dengan bulu hitam, dengan bercak putih di dada, bahu dan pantat. Setan Tasmania memiliki kepala besar dan rahang sangat kuat.
  3. Setan Tasmania memiliki salah satu gigitan terkuat di dunia hewan: 1.200 pound per inci persegi, yang berarti ia dapat menggigit perangkap logam.
  4. Setan Tasmania adalah karnivora yang dapat memakan mangsa hidup dan bangkai. Ikan, ular, burung, dan serangga sering kali menjadi menu setan Tasmania. Ini bukan pemilih pemilih; begitu mangsa ditangkap – iblis Tasmania akan memakan semuanya, termasuk tulang dan bulu. Hewan-hewan ini makan 5 hingga 10% dari berat badan mereka sendiri setiap hari.
  5. Setan Tasmania memiliki indera penglihatan dan bau yang sangat baik, yang digunakan untuk mendeteksi mangsa.
  6. Setan Tasmania menyimpan lemak di bagian ekor. Ekor pada hewan yang sehat tebal dan bengkak, sementara itu lemas dan kurus pada hewan yang sakit.
  7. Setan Tasmania bukanlah pelari yang sangat cepat (mereka hanya dapat mencapai 15 mil per jam), tetapi mereka dapat berlari dalam jangka waktu yang lama (satu jam tanpa istirahat). Juga, mereka adalah pendaki dan perenang yang luar biasa.

Fakta ke 2 Tasmania Devil

  1. Setan Tasmania dinamai demikian karena perilaku ganas yang mereka tunjukkan selama makan dan kawin dan karena suara melengking yang sangat keras yang mereka hasilkan.
  2. Setan Tasmania diklasifikasikan sebagai hewan malam hari (aktif pada malam hari), tetapi mereka juga aktif pada siang hari.
  3. Saat terancam, setan Tasmania akan membuka rahangnya secara luas untuk mengekspresikan rasa takut dan ketidakpastian. Juga, dalam situasi stres, itu akan mengeluarkan bau menyengat untuk mengusir predator.
  4. Setan Tasmania adalah makhluk soliter yang sering bertarung dengan jantan lainnya untuk mendapatkan wilayah. Sebelum bertarung, Tasmanian devil menggunakan suara bersin tajam untuk menantang lawan.
  5. Musim kawin setan Tasmania berlangsung dari Februari hingga Juni. Betina biasanya memiliki empat tandu seumur hidup.
  6. Kehamilan berlangsung selama tiga minggu, setelah itu 20 hingga 30 bayi seperti kacang merangkak ke kantong ibu mereka. Hanya beberapa bayi yang akan bertahan hidup karena perempuan hanya memiliki 4 puting untuk memberi makan bayi dengan susu.
  7. Bayi menghabiskan empat bulan pertama mereka di kantong ibu, setelah itu mereka dapat meninggalkannya. Ketika mereka mencapai delapan bulan, Setan Tasmania siap memulai kehidupan menyendiri.
  8. Setan Tasmania hidup antara 7 dan 8 tahun di alam liar.

Baca juga : Safelink Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *