15 Fakta Unik Tentang Hewan Wolverine

Wolverine adalah mamalia yang terlihat seperti beruang kecil, tetapi sebenarnya wolverine adalah anggota terbesar dari keluarga musang. Mereka tinggal di daerah arktik dan subarktik di Amerika Utara, Kanada, Eropa Utara, Rusia, dan Siberia. Serigala lebih suka hutan boreal dingin dan bersalju, taiga dan tundra. Mereka diburu di masa lalu karena bulu mereka yang tebal dan tahan air yang digunakan sebagai pelapis parka. Saat ini, mereka dilindungi di beberapa daerah dan jumlahnya di alam liar stabil.

hewan wolverine

Fakta Tentang Wolverine

  1. Wolverine sekilas tampak seperti anjing berukuran sedang seperti Beagle atau Cocker Spaniel, tetapi mereka lebih berotot daripada anjing. Mereka dapat mencapai 20 hingga 50 pon berat dan panjang antara 26 hingga 34 inci. Ekor wolverine bisa sepanjang 7 hingga 10 inci.
  2. Wolverine memiliki bulu kecoklatan sampai hitam dengan garis-garis ringan di sisinya. Bulu yang tebal mencegah hewan dari pembekuan karena dinginnya suhu arktik.
  3. Wolverine memiliki kaki yang kuat, kepala besar, telinga bundar dan ekor pendek. Kaki mereka memiliki bantalan dengan cakar yang tajam, yang mencegah tergelincir di es.
  4. Wolverine adalah hewan darat biasa, tetapi mereka juga dapat memanjat pohon dan berenang jika diperlukan.
  5. Wolverine adalah hewan nokturnal (aktif di malam hari), ia melakukan perjalanan 15 hingga 20 mil setiap hari untuk mencari makanan. Mereka dapat melewati lebih banyak (antara 37 hingga 50 mil) ketika sumber makanan langka.
  6. Wolverine memiliki penglihatan yang buruk, tetapi indera pendengaran dan penciuman mereka sangat tajam, yang membantu mereka menemukan mangsa dengan lebih mudah.
  7. Wolverine adalah omnivora (mereka makan daging dan tumbuh-tumbuhan). Selama musim panas, ketika berbagai jenis tanaman, beri dan akar tersedia, wolverine memperluas pola makan normal dengan tanaman. Bahkan selama musim panas, wolverine tidak dapat bertahan hidup tanpa daging. Mereka memakan kelinci, tikus, landak, tupai, tetapi mereka juga berburu rusa dan karibu yang terluka.
  8. Wolverine juga memakan sisa-sisa hewan mati, dimangsa oleh serigala dan beruang. Karena indra penciumannya yang sangat baik, mereka dapat mendeteksi bangkai yang tersembunyi di bawah salju setelah longsoran salju. Wolverine juga akan menggali salju jika mereka merasakan bau mamalia yang berhibernasi.
  9. Serigala memiliki jenis gigi molar atas khusus, yang diputar 90 derajat, memungkinkan hewan merobek daging mangsa dengan cepat.
  10. Wolverine adalah hewan soliter, tetapi mereka menunjukkan perilaku yang ramah dan menyenangkan ketika mereka bertemu dengan Wolverine lain dari keluarga yang sama.
  11. Wolverine adalah hewan teritorial yang menuntut banyak ruang terbuka untuk dijadikan wilayah kekuasaannya. Wolverine jantan menggunakan kelenjar aroma untuk menandai batas wilayahnya. Karena mereka berpoligami (satu laki-laki pasangan dengan lebih banyak betina), jantan biasanya berbagi wilayahnya dengan beberapa wolverine betina.
  12. Karena zat yang dikeluarkan oleh kelenjar anal mereka memiliki bau yang sangat kuat dan tidak mengenakan, Wolverine juga dikenal sebagai “beruang sigung“.
  13. Betina melahirkan dua hingga tiga bayi wolverine setiap tahun, biasanya di akhir musim dingin atau awal musim semi. Wolverine muda (kit) dilahirkan di ruang bawah tanah.
  14. Wolverine muda tetap bersama ibu mereka sampai mereka mencapai usia dua tahun. Pada saat itu wolverine muda sudah menjadi dewasa secara seksual.
  15. Umur rata-rata wolverine di alam liar antara 7 hingga 12 tahun.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =