15 Fakta Unik Tentang Hyena

Hyena adalah hewan yang sangat mirip seperti anjing, mereka karnivora. Hyena hidup di sabana, padang rumput, sub-gurun dan hutan di Afrika dan Asia. Ada empat jenis hyena yang berbeda dalam ukuran dan jenis makanan. Yaitu: hyena tutul, coklat, belang, dan aardwolf.

hyena

Fakta Tentang Hyena

  1. Hyena bervariasi dalam ukuran. Terbesar adalah hyena tutul dengan tinggi 35 inci dan berat 90 pon. Terkecil adalah aardwolves dengan tinggi 20 inci dan berat 60 pon.
  2. Hyena betina lebih besar dan lebih dominan daripada pria.
  3. Hyenas tinggal di klan teritorial dan besar yang dapat terdiri dari hingga 80 ekor anggota. Aardwolves adalah hewan soliter yang berkumpul hanya selama musim kawin.
  4. Mereka adalah pemburu dan pemulung (mereka makan bangkai).
  5. Sama seperti Armadillo, Aardwolf juga memakan rayap.
  6. Mereka adalah hewan nokturnal (berburu di malam hari).
  7. Hyena menandai wilayah mereka dengan kotoran putih yang diproduksi di kelenjar anal. Zat ini memiliki bau yang kuat dan menginformasikan hyena lain bahwa wilayah tersebut sudah didudukiatau ditempati.
  8. Hyena menggunakan berbagai suara, postur dan sinyal untuk berkomunikasi satu sama lain.
  9. Salah satu bunyi yang paling khas yang dihasilkan hyena adalah tawa. Suara ini mengingatkan hyena lain bahwa sumber makanan baru berada.
  10. Musuh terburuk hyena adalah singa dan anjing pemburu. Hyena adalah kanibal. Mereka mungkin menyerang dan memakan hyena lain, terutama ketika mereka masih muda.
  11. Hyena jantan dan betina mirip dan memiliki alat kelamin yang sangat mirip, tetapi mereka bukan hermafrodit (hewan yang dapat bertindak baik sebagai jantan maupun betina pada saat yang sama). Hanya hyena betina yang melahirkan dan merawat anaknya.
  12. Setelah musim kawin, bayi hyena lahir setelahh 90-110 hari. Seekor hyena betina melahirkan 2-4 anak dan ia merawat mereka di “sarang christmas” (sarang khusus hanya diperuntukkan bagi hyena betina yang memiliki anak) selama 4 minggu.
  13. Anak hyena bertarung satu sama lain untuk membangun dominasi dan memperoleh banyak makanan atau urutan pemberian makan yang diinginkan. Pertarungan ini sering berakhir fatal.
  14. Ibu hyena memberi makan anaknya dengan susu 12-18 bulan, tetapi mereka akan mulai makan daging segera setelah mereka mencapai bulan ke-5.
  15. Hyena berumur 10-12 tahun di alam liar dan hingga 25 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 12 =