15 Fakta Unik Tentang Kanguru

Kanguru adalah sejumlah kelompok spesies berbeda yang bervariasi dalam bentuk dan ukuran. Kanguru hidup di Australia dan Papua, mereka dapat kita temukan di berbagai jenis habitat: semak belukar, padang rumput, hutan hingga gurun. Sebagian besar spesies kanguru dilindungi oleh hukum oleh karena itu kanguru membentuk populasi yang stabil di alam liar dan tidak termasuk daftar hewan yang terancam punah.

kanguru

Fakta Tentang Kanguru

  1. Tergantung pada spesiesnya, kangguru dapat tumbuh setinggi 1 hingga 8 kaki dan beratnya mencapai 40 hingga 200 pound. Abu-abu Timur adalah spesies kanguru yang terberat (sekitar 200 pon) dan Kanguru Merah adalah spesies terbesar (9 kaki).
  2. Kanguru bisa berwarna merah, abu-abu atau kecoklatan. Mereka memiliki ekor besar yang kuat dan kaki panjang yang digunakan untuk melompat. Kaki dapat digunakan untuk memberi tahu anggota kelompok lainnya tentang situasi berbahaya (dengan memukul tanah).
  3. Kanguru adalah satu-satunya hewan besar yang bergerak dengan cara melompat. Ini adalah cara bergerak yang efisien karena menghemat energi. Kanguru tidak bisa menggerakkan kaki belakang secara terpisah saat melompat.
  4. Kanguru jantan dapat melompati jarak hingga 30 kaki dan tinggi 10 kaki. Ia dapat mencapai kecepatan maksimal 40 mil per jam dengan cara melompat-lompat.
  5. Kanguru menggunakan ekor untuk menyeimbangkan gerakan mereka saat melompat. Mereka juga dapat menggunakannya untuk berjalan, ketika mereka berjalan di keempat ekstremitasnya.
  6. Kanguru adalah perenang yang luar biasa. Ketika mereka berenang, mereka dapat menggerakkan kaki belakang mereka secara terpisah.
  7. Kanguru adalah herbivora. Mereka makan rumput, semak, pucuk daun dan daun pohon. Karena perut mereka mirip (secara anatomis) dengan perut ruminansia, mereka memuntahkan makanan mereka dan mengunyahnya beberapa kali sebelum menelannya.
  8. Kanguru menghabiskan banyak waktu untuk makan, karena nilai gizi tanaman yang rendah. Mereka mampu menyerap air dari makanan dan mereka jarang minum air.
  9. Kanguru adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut kelompok, pasukan atau gerombolan. Kelompok dapat kecil, dengan hanya beberapa ekor kanguru, atau besar, terdiri dari ratusan ekor. Kelompok memiliki kanguru jantan yang mendominasi, biasanya kanguru tertua dan terkuat dalam grup.
  10. Kanguru adalah binatang yang agresif. Mereka bertarung dalam kelompok untuk dominasi. Mereka juga dapat menyerang spesies non-kangguru dengan menggunakan kaki depannya yang pendek dengan cakar tajam dan kaki belakang yang kuat.
  11. Kanguru betina disebut no atau jils sedangkat jantan disebut dollar, boomer atau jack.
  12. Kanguru betina memiliki satu bayi per tahun, bayi kanguru disebut joey. Bayi mungil dan tak berambut lahir setelah satu bulan kehamilan. Meskipun kecil seperti sebutir beras atau lebah madu, ia dapat merangkak ke kantong ibu di mana ia akan menyelesaikan perkembangannya setelah menempel pada puting susu yang menyediakan susu.
  13. Spesies yang berbeda menghabiskan jumlah waktu yang berbeda di dalam kantong. Butuh beberapa bulan bagi bayi untuk berkembang cukup untuk bisa melompat keluar dari kantong dan mulai menjelajahi dunia.
  14. Jika ibu memiliki lebih dari satu bayi, ia menghasilkan berbagai jenis susu: satu untuk bayi yang lebih tua dan satu untuk bayi yang baru lahir.
  15. Kanguru berumur 8 hingga 10 tahun di alam liar dan 20 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =