15 Fakta Unik Tentang Kelelawar

5/5 (2)

Tentang Kelelawar

Kelelawar adalah kelompok mamalia terbang. Mereka mendiami semua benua kecuali Antartika. Ada 1.100 spesies kelelawar, menjadikan seperempat dari semua spesies mamalia yang dikenal.

Ada 50% dari semua spesies kelelawar yang diketahui terancam punah karena perburuan, pencemaran, dan deforestasi yang ekstensif.

kelelawar

Fakta Tentang Kelelawar

  1. Kebanyakan kelelawar berwarna coklat atau hitam. Spesies langka berwarna cerah (merah atau oranye). Ukurannya sangat beragam. Kelelawar lebah adalah spesies kelelawar terkecil – beratnya kurang dari satu ons. Rubah terbang mahkota emas raksasa adalah kelelawar terbesar dengan lebar sayap mencapai 5 hingga 6 kaki.
  2. 70% dari semua kelelawar memakan serangga. Kelelawar lain mengonsumsi buah-buahan. Hanya tiga spesies dari 1.100 spesies yang diketahui memakan darah (termasuk darah manusia). Spesies pemakan darah hidup di Amerika Selatan. Mereka dapat menularkan rabies.
  3. Antikoagulan (zat yang mencegah pembekuan darah) diisolasi dari air liur kelelawar pemakan darah adalah obat yang sangat berharga yang digunakan dalam pengobatan gangguan jantung.
  4. Kelelawar secara ekologis sangat penting. Mereka membantu dalam penyebaran benih dan penghijauan. 95% dari hutan hujan yang baru tumbuh adalah hasil dari penyebaran benih yang disebabkan oleh kelelawar. Selain itu, dengan memakan berbagai serangga dalam jumlah besar, mereka melindungi tanaman dan mengendalikan hama.
  5. Sebagian besar kelelawar hidup di dalam koloni besar, biasanya di dalam gua. Koloni terbesar yang diketahui ditemukan di Amerika Utara, tempat 20 juta kelelawar tinggal di dalam Gua Kelelawar Bracken di Texas. Mereka dapat memakan hingga 200 ton serangga per malam.
  6. Beberapa spesies kelelawar memiliki penglihatan yang bagus. Mereka menggunakannya untuk navigasi. Spesies lain menggunakan lokasi gema untuk mengarahkan diri di ruang selama terbang dan berburu. Mereka membuat gambar objek di depan mereka dengan melepaskan suara dan menunggu gema kembali setelah memantul dari hambatan bergerak atau tetap.
  7. Semua kelelawar dapat dibagi dalam dua kelompok besar: kelelawar besar dan kelelawar mikro. Kelelawar besar adalah pemakan buah, hewan besar dengan penglihatan mata yang bagus. Mereka hidup di iklim yang lebih hangat dan lebih memilih kehidupan di pohon daripada di gua. Kelelawar mikro biasanya berukuran lebih kecil, menggunakan eko-lokasi untuk menemukan serangga dan lebih menyukai bertempat tinggal di dalam gua.

Fakta ke 2 Kelelawar

  1. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang mampu terbang. Beberapa kelelawar dapat terbang 250 mil dalam satu malam, mencapai kecepatan 60 mil per jam dan ketinggian 10.000 kaki.
  2. Kelelawar lebih efisien dalam terbang daripada burung karena sayapnya yang bersendi banyak. Juga, kelelawar memiliki otak yang lebih besar (dibandingkan dengan ukuran tubuh lainnya).
  3. Kelelawar dapat mendeteksi frekuensi antara 20 dan 120 000 Hz (manusia dapat mendengar hanya dari 20 – 20 000 Hz).
  4. Sebagian besar kelelawar berhibernasi yang berlangsung 30-60 hari dan selama waktu itu kelelawar menggunakan energi yang tersimpan untuk kebutuhan metabolisme dasar.
  5. Kelelawar sebagian besar dikenal karena posisi mereka yang unik dan terbalik selama tidur, kawin, dan bahkan selama melahirkan. Fakta menarik lainnya adalah kelelawar dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk perawatan, dengan menjilati dan menggaruk tubuh mereka hingga mencapai tingkat kebersihan yang diharapkan.
  6. Meskipun ukurannya kecil, kelelawar berkembang biak dengan sangat lambat.
  7. Kelelawar betina hanya memiliki satu anak per tahun. .
  8. Kelelawar memiliki umur panjang. Beberapa spesies dapat hidup hingga 40 tahun.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *