15 Fakta Unik Tentang Kucing Serval

Serval adalah kucing berukuran sedang yang hidup di Afrika Tengah dan Selatan. Ia lebih suka menempati lahan basah dan padang rumput. Kucing serval sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, oleh karena itu ia dapat ditemukan di tipe ekosistem lainnya. Kucing serval tidak dianggap sebagai hewan yang terancam punah karena jumlah mereka di alam liar masih tinggi dan mereka membentuk populasi yang stabil. Beberapa orang memelihara hewan sebagai hewan peliharaan, meskipun mereka adalah hewan liar dan dapat melukai majikan.

kucing serval

Fakta Kucing Serval

  1. Kucing serval memiliki bulu berwarna kekuningan hingga oranye yang ditutupi bintik-bintik hitam. Warna tubuh membuat mereka tidak terlihat (berkamuflase dengan baik) ketika mereka bersembunyi di rumput. Sama seperti sidik jari manusia, bintik di tubuh kucing serval adalah tanda identitas alami mereka.
  2. Serval memiliki panjang 2 hingga 3 kaki. Berat badan berkisar 20-40 pound. Ekor Serval cukup pendek dan ditutupi cincin hitam di ujung.
  3. Serval memiliki telinga terbesar (dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya) dan kaki terpanjang di dunia perkucingan.
  4. Telinga Serval berfungsi sebagai radar yang dengan mudah mengenali suara yang dihasilkan oleh hewan yang bergerak (bahkan ketika mereka bergerak di terowongan bawah tanah). Bersamaan dengan indera lain, telinga membantu mereka menemukan mangsa dengan cepat dan akurat.
  5. Tergantung pada jenis mangsa yang mereka buru, para serval dapat berburu di siang dan malam hari. Jika mereka hidup dekat dengan manusia, mereka kadang-kadang memburu hewan peliharaan, seperti ayam, burung dll.
  6. Serval menggunakan cakar tajamnya untuk menangkap berbagai jenis mangsa seperti: tikus, tupai, ikan, katak, ular, burung kecil …
  7. Serval adalah pemburu yang sangat handal, rata-rata tingkat kesuksesan berburu mereka dapat mencapai 50%. Spesies kucing lainnya hanya memiliki tingkat keberhasilan 10% (menangkap hanya satu tangkapan dalam 10 usahanya). Kucing serval bahkan lihai menangkap burung terbang.
  8. Serval memiliki indera penciuman yang sangat baik, pendengaran dan penglihatan, yang mereka gunakan sangat tajam untuk menemukan mangsa dan untuk menghindari predator.
  9. Predator utama serval adalah manusia (di buru untuk diambil bulunya) seperti: macan tutul, hyena dan anjing.
  10. Karena kakinya panjang, seval adalah pelari yang cepat; mereka bisa mencapai 45-50 mil per jam. Hanya cheetah yang lebih cepat dari serval.
  11. Serval adalah hewan soliter, yang berkumpul hanya selama musim kawin. Mereka menggunakan air seni dan menggaruk pohon sekitar untuk menandai wilayah mereka dan biasanya memiliki luas 12-20 kilometer persegi.
  12. Seperti kebanyakan spesies kucing lainnya, seval menghasilkan berbagai suara: tangisan bernada tinggi, menggeram, meludah dan mendengkur, ini digunakan untuk komunikasi.
  13. Serval tidak memiliki waktu spesifik untuk kawin, tetapi biasanya terjadi selama musim semi ketika serval betina mulai mencari pejantan. Setelah selesai kawin dan 73 hari hamil, serval betina membuat sarang yang aman dan melahirkan satu hingga tiga anak.
  14. Anaknya buta sejak lahir dan hanya berbobot 250 gram. Mereka akan membuka mata dan menggandakan ukuran mereka dalam dua minggu. Para serval muda minum susu selama lima bulan pertama setelah lahir. Setelah periode itu, mereka akan menemani ibu mereka dalam berburu, sampai mereka berusia satu tahun hingga mampu hidup sendiri dan berburu secara mandiri.
  15. Kucing serval hidup 10-12 tahun di alam liar, dan 13 tahun di penangkaran. Serval tertua yang diketahui dapat hidup 23 tahun.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − nine =