15 Fakta Unik Tentang Kuda Zebra

5/5 (1)

Tentang Kuda Zebra

Kuda zebra dapat dengan mudah kita kenali karena penampilan hitam dan putihnya yang spesifik. Zebra dapat ditemukan di semak-semak, padang rumput dan pegunungan di Afrika.

Ada tiga spesies zebra: Grevy, Mountain dan Plain zebra. Namun sayang spesies Grevy dan Mountain dalam status terancam punah.

fakta kuda zebra

Fakta Tentang Kuda Zebra

  1. Keledai dan kuda adalah kerabat dekat zebra, tetapi tidak seperti mereka, zebra tidak dapat dilatih dan dijinakkan karena sifat liar mereka.
  2. Zebra bisa setinggi 3,5-5 kaki (sampe bahu) dan beratnya antara 440-990 pound.
  3. Mereka makan rumput dan daun. Zebra tidak dapat bertahan hidup tanpa air dan mereka perlu minum setidaknya sekali sehari.
  4. Beberapa zebra bermigrasi selama musim kemarau. Mereka dapat melakukan perjalanan hingga 500 mil per tahun untuk menemukan tempat dengan lebih banyak makanan dan air.
  5. Karena warna kulit mereka hitam, para ilmuwan percaya bahwa zebra adalah hewan hitam yang ditutupi dengan garis-garis putih.
  6. Setiap zebra memiliki pola garis-garis individual (jumlah, lebar …) dan pola-pola ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kuda zebra.
  7. Garis-garis memberikan perlindungan terhadap predator karena zebra hidup dalam kelompok besar dan terlalu banyak garis di satu tempat biasanya membingungkan predator (predator bingung menarget hewan mana yang harus mangsa).

Fakta ke 2 Kuda Zebra

  1. Zebra hidup dalam kelompok besar dengan lebih dari ribuan hewan. Mereka kadang-kadang bercampur dengan antelop, yang juga melindungi mereka dari pemangsa.
  2. Mereka dengan cepat berlari dari satu sisi ke sisi lain (zigzag) ketika mereka mencoba melarikan diri dari pemangsa.
  3. Di dalam kawanan besar ada keluarga kecil yang terdiri dari satu kuda jantan, beberapa betina dan keturunannya. Orang tua menjaga zebra muda dengan baik. Zebra jantan akan berusaha mengusir predator jika ada serangan.
  4. Zebra jantan disebut kuda stallion dan betina disebut mare.
  5. Zebra adalah binatang yang cepat. Mereka dapat berlari 35 mil per jam. Zebra yang baru lahir dapat berjalan satu jam nonstop setelah baru lahir.
  6. Zebra memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat baik.
  7. Zebra tidur dalam posisi berdiri.
  8. Mereka berumur 20-30 tahun di alam liar dan hingga 40 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *