Fakta

15 Fakta Unik Tentang Kumbang Kotoran

Tentang Kumbang Kotoran

Kumbang kotoran termasuk kelompok besar dan beragam serangga yang memakan kotoran (feses). Ada 7000 kumbang kotoran yang dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Kumbang kotoran menghuni berbagai jenis ekosistem.

Mereka dapat ditemukan di hutan hujan, gurun, padang rumput … Serangga ini memainkan peran yang sangat penting di alam karena mereka mendaur ulang bahan limbah dan mempercepat sirkulasi nutrisi dalam rantai makanan.

Selain itu, mereka mencegah penyebaran penyakit dengan menghilangkan kotoran yang menarik berbagai jenis hama. Akhirnya, mereka meningkatkan penyebaran benih dan dengan demikian memainkan peran penting dalam reboisasi bumi.

Fakta Tentang Kumbang Kotoran

  1. Kumbang kotoran bervariasi ukurannya. Panjangnya berkisar dari 0,004 inci hingga 2,4 inci.
  2. Kumbang kotoran memiliki sayap dan enam kaki yang berkembang dengan baik yang membantu mereka menggali terowongan dan mengumpulkan (dan menggulung) kotoran.
  3. Kebanyakan kumbang kotoran berwarna gelap. Beberapa dari mereka memiliki kilau logam atau bahkan berwarna cerah.
  4. Semua kumbang kotoran dapat dibagi menjadi tiga kategori besar: rol, tunneller, dan penghuni. Rol mencari kotoran jauh dari rumah mereka. Ketika mereka menemukannya, mereka mengumpulkannya dalam bentuk bola yang mereka gulung kembali ke liang mereka. Tunneller mencari kotoran dan ketika mereka menemukannya, mereka menggali terowongan tempat mereka akan menyimpannya. Penghuni menghasilkan kotoran sendiri di rumah mereka.
  5. Mayoritas kumbang kotoran mengonsumsi kotoran yang dihasilkan oleh herbivora. Hanya sedikit kumbang kotoran yang mencari kotoran yang diproduksi oleh karnivora atau memakan sesuatu selain kotoran (seperti larva yang membusuk dari beberapa serangga atau tanaman).
  6. 3,3 pon kotoran gajah bisa menghilang dalam dua jam ketika 16.000 kumbang kotoran tiba ke tempat kejadian untuk mengumpulkan sepotong kotoran untuk dirinya sendiri.
  7. Satu kumbang kotoran dapat mengubur kotoran yang 250 lebih berat dari kumbang itu sendiri dalam satu malam.

Fakta ke 2 Kumbang Kotoran

  1. Beberapa spesies kumbang kotoran bertelur di bola kotoran. Dengan begitu, larva bisa mulai makan begitu menetas dari telur.
  2. Kumbang kotoran juga bisa mencuri bola kotoran dari kumbang lain. Jika telur dan larva sudah ditempatkan di dalam bola, pencuri akan memakan semuanya.
  3. Beberapa kumbang kotoran menunggangi binatang-binatang, yang tinja mereka suka makan, sampai mereka siap buang air besar. Setelah hewan melepaskan kotorannya, kumbang melompat ke bawah dan mulai berpesta. Kumbang kotoran lainnya menggunakan indera penciuman mereka untuk mendeteksi kotoran yang mereka sukai.
  4. Di beberapa bagian Texas, kumbang kotoran mengubur 80 persen kotoran sapi. Australia mengimpor 45 jenis kumbang kotoran yang berbeda untuk menghilangkan kotoran ternak.
  5. Kumbang kotoran adalah binatang yang sangat kuat. Mereka dapat membawa berat yang 50 kali lebih berat dari berat badan mereka.
  6. Kumbang kotoran adalah makhluk soliter yang bertemu dengan kumbang lain hanya selama musim kawin.
  7. Betina bertelur di dalam kotoran atau di liang bawah tanah. Kumbang kotoran mengalami metamorfosis lengkap, yang berarti mereka harus melewati beberapa perubahan bentuk tubuh sebelum mereka menjadi kumbang kotoran sepenuhnya terbentuk. Metamorfosis meliputi tahapan yang disebut larva dan pupa sebelum serangga dewasa terbentuk.
  8. Umur rata-rata kumbang kotoran adalah 3 hingga 5 tahun, tergantung pada spesiesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *