15 Fakta Unik Tentang Kupu-Kupu Merak

Kupu-kupu merak adalah salah satu spesies kupu-kupu yang paling indah. Kupu-kupu merak milik keluarga Nymphalida; nama ilmiahnya adalah Inachis io. Mereka dapat ditemukan di seluruh Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales (di bagian utara Eropa) dan di Asia sedang. Kupu-kupu merak sering terlihat di kebun, area hutan dan di tepi hutan. Populasi kupu-kupu merak di alam stabil dan tidak terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.

kupu-kupu merak

Fakta Tentang Kupu-Kupu Merak

  1. Kupu-kupu merak adalah salah satu spesies kupu-kupu yang lebih besar. Pria lebih kecil dari wanita. Lebar sayap mereka mulai dari 2,4 inci pada pria hingga 2,7 inci pada wanita.
  2. Kupu-kupu merak dapat dengan mudah dikenali oleh titik mata ungu yang indah di sayap belakangnya. Ketika dilihat dari atas ke bawah, pola pada sayap ini menyerupai wajah burung hantu.
  3. Warna khusus sayap mereka memberikan perlindungan terhadap pemangsa dengan membingungkan atau bahkan menakut-nakuti mereka.
  4. Jika terancam atau terganggu, kupu-kupu merak akan mengepakkan sayapnya dan menghasilkan suara mendesis dengan menggosokkan sayapnya di depan predator.
  5. Tepi sayap kupu-kupu merak gelap dan terlihat seperti daun mati. Bagian bawah sayap berwarna coklat kusam, yang bersama-sama dengan pinggirannya memastikan kamuflase yang sangat baik ketika kupu-kupu bersandar pada kulit pohon.
  6. Jantan dan betina memiliki pola yang sama pada sayapnya (terlihat persis sama); hanya perbedaan dalam ukurannya.
  7. Kupu-kupu merak memakan nektar dari berbagai jenis tanaman. Ulat (larva) memakan jelatang.
  8. Kupu-kupu Merak adalah selebaran yang kuat dan dapat menempuh jarak yang jauh. Ia memiliki naluri nomaden dan alih-alih memiliki rumah permanen, ia bepergian sepanjang waktu.
  9. Sama seperti semua kupu-kupu lainnya, kupu-kupu merak dapat mendeteksi warna merah, hijau, dan kuning.
  10. Kupu-kupu merak hidup di daerah beriklim sedang dan mereka harus berhibernasi untuk bertahan hidup pada suhu rendah dan kekurangan makanan selama periode musim dingin. Celah, pohon berlubang dan loteng biasanya merupakan tempat yang ditempati oleh kupu-kupu merak selama hibernasi.
  11. Pasangan kupu-kupu merak setelah mereka keluar dari hibernasi, biasanya pada bulan Februari.
  12. Betina bertelur hingga 500 telur setelah kawin, biasanya di daerah yang cerah ditutupi dengan jelatang, yang merupakan makanan utama bagi ulat.
  13. Kupu-kupu merak mengalami metamorfosis lengkap, yang berarti ia mengubah bentuk dan ukuran tubuh beberapa kali hingga mendapatkan penampilan kupu-kupu dewasa. Setelah betina bertelur, mereka berubah menjadi ulat. Ini adalah tahap aktif yang ditandai dengan pertumbuhan yang cepat karena makan yang konstan. Larva berganti kulit beberapa kali saat tumbuh. Caterpillar berubah menjadi pupa, yang merupakan tahap istirahat, ketika serangga terbungkus dalam kepompong. Akhirnya, pupa memunculkan kupu-kupu dewasa. Seluruh proses transformasi berlangsung beberapa bulan. Ini dimulai pada bulan Maret, April atau Mei dan berakhir pada bulan Juli. Kupu-kupu dewasa tidak mengubah ukurannya selama sisa hidupnya.
  14. Jantan sangat teritorial dan mereka akan mengusir semua kupu-kupu betina dari wilayah mereka selama musim panas (saat musim kawin berakhir).
  15. Kupu-kupu merak memiliki umur panjang. Itu bisa hidup sekitar 11 bulan.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =