dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Meerkat

5/5 (1)

Tentang Meerkat

Meerkat adalah hewan kecil dan imut yang termasuk dalam keluarga luwak. Mereka tinggal di daerah kering dan semi kering di Afrika Selatan. Elang adalah predator utama meerkat, meerkat tidak terancam punah.

meerkat

Fakta Tentang Meerkat

  1. Meerkat berukuran kecil. Tingginya hanya mencapai 12 inci dan beratnya hanya 2 pound.
  2. Meerkat hidup dalam kelompok yang disebut “gerombolan” yang terdiri dari 2-3 keluarga meerkat. Satu gerombolan berbagi liang tunggal.
  3. Mereka adalah hewan yang sangat sosial dan mereka suka bermain atau merawat satu sama lain. Selain waktu yang menyenangkan, setiap anggota gerombolan memiliki tugasnya sendiri yang bermanfaat bagi seluruh kelompok.
  4. Ketika mereka berburu, beberapa anggota memata-matai predator, sementara yang lain mengerjakan strategi berburu.
  5. Dalam hal bahaya, meerkat memperingatkan anggota gerombolan lain menggunakan suara tertentu.
  6. Meerkat adalah hewan teritorial. Ukuran rata-rata wilayah mereka adalah 4 mil persegi. Mereka menggali lubang di seluruh wilayah dan menggunakannya sebagai tempat perlindungan jika terjadi bahaya.
  7. Meerkat berburu dan memakan serangga, kalajengking, kadal kecil, ular, telur. Mereka juga memakan akar dan umbi.

Fakta ke 2 Meerkat

  1. Mereka kebal terhadap racun kalajengking dan ular.
  2. Karena mereka tinggal di daerah kering, mereka tidak perlu minum karena sudah mendapatkan asupan air yang mereka butuhkan dari makanan yang mereka makan.
  3. Meerkat memiliki indra penglihatan, penciuman dan pendengaran yang sangat baik.
  4. Mereka berdiri di atas kaki belakang mereka sambil mengamati lingkungan mereka. Meerkat betina bahkan dapat menyusui bayi mereka dalam posisi berdiri.
  5. Meerkat kawin selama musim hujan dan meerkat betina dapat melahirkan 2-5 anak. Bayi meerkat tidak berambut, buta dan telinga mereka tertutup. Anak-anak meerkat tinggal di liang dengan induknya beberapa minggu, sampai mereka menjadi siap untuk makan makanan padat seperti kedua orang tuanya.
  6. Meerkat dewasa merawat anak-anak mereka secara bergiliran.
  7. Meerkat dewasa mengajar merrkat muda apa yang harus mereka makan. Meerkat muda takut pada predator dan mereka akan bersembunyi di liang persembunyian bahkan jika mereka melihat pesawat terbang.
  8. Meerkat berumur 10 tahun di alam liar dan hingga 13 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar