dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Moose (Rusa besar)

5/5 (1)

Tentang Moose

Moose (Rusa besar) adalah hewan terbesar dari keluarga rusa. Mereka dapat ditemukan di seluruh belahan bumi Utara, terutama di iklim yang dingin.

Mereka mendiami hutan selama musim dingin dan daerah dekat sungai selama musim panas. Moose tidak termasuk daftar hewan yang terancam punah.

Moose

Fakta Tentang Moose

  1. Moose jantan dan betina memiliki tinggi yang sama (sekitar 4-6 kaki sampai bahu), tetapi beratnya berbeda. Jantan lebih berat dan mereka bisa mencapai 950 pound, sedangkan moose betina berbobot hanya 750 pound.
  2. Moose adalah herbivora (pemakan tumbuhan) dan mereka suka makan tanaman berbunga, semak, daun dan cabang kecil dari pohon. Selama musim panas, mereka memakan tanaman dari sungai, seperti pondweed dan lili kolam.
  3. Karena ukurannya yang besar, mereka perlu makan banyak makanan. Perut mereka dapat menampung hingga 112 pon makanan sekaligus.
  4. Mereka memiliki 32 gigi. Moose tidak memiliki gigi depan.
  5. Moose memiliki penglihatan yang buruk, tetapi mereka memiliki indera penciuman dan pendengaran yang sangat tajam.
  6. Moose adalah perenang yang luar biasa. Mereka bisa berenang 6 mil per jam tanpa istirahat selama 2 jam lebih.
  7. Mereka juga pelari cepat; moose dapat berlari hingga kecepatan 35 mil per jam.

Fakta ke 2 Moose

  1. Moose terkenal karena tanduknya. Moose jantan memiliki tanduk dari awal musim semi hingga akhir musim gugur. Tanduk akan lepas sebelum musim dingin, tetapi moose jantan tahun depan akan mengembangkan tanduk yang lebih besar. Tanduk moose adalah organ yang tumbuh paling cepat.
  2. Tanduknya berat dan besar. Beratnya 50-60 pon dan tumbuh hingga 6 kaki lebarnya. Pasangan tanduk terbesar yang diukur memiliki lebar 7 kaki.
  3. Tujuan utama dari tanduk adalah untuk menarik betina dan mengalahkan jantan lain selama berjuang untuk mendapatkan betina idaman mereka
  4. Sama seperti Beruang grizzly, mosee jantan adalah hewan soliter dan mereka berkumpul hanya pada saat musim kawin.
  5. Kehamilan pada moose betina berlangsung 8 bulan dan berakhir dengan satu atau dua bayi moose. Mereka tinggal bersama ibu mereka sampai tahun depan, ketika anak moose baru akan lahir.
  6. Ibu moose sangat protektif dan mereka menggunakan kuku besar mereka untuk menghasilkan tendangan yang kuat yang dapat mengalahkan pemangsa.
  7. Predator utama mereka adalah serigala dan beruang grizzly.
  8. Moose berumur 15-25 tahun di alam liar dan 20 hingga 25 tahun di penangkaran.

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar