dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Oposum

Tentang Oposum

Oposum adalah hewan berukuran sedang dengan kantong. Mereka adalah satu-satunya marsupial yang hidup di Amerika Utara dan Kanada.

Mereka juga tinggal di Australia. Oposum lebih menyukai hutan di dekat aliran, sungai, rawa. Selain itu, mereka sering ditemukan di dekat daerah perumahan, di lahan pertanian dan halaman belakang.

Ada 60 jenis oposum yang berbeda. Mereka tidak termasuk daftar hewan yang terancam punah.

Fakta Tentang Oposum

  1. Oposum biasanya memiliki panjang 15-20 inci dan berat antara 4-12 pon.
  2. Berdasarkan catatan fosil, oposum adalah hewan yang sangat tua dan salah satu jenis mamalia tertua. Mereka hadir di Bumi pada saat yang sama ketika dinosaurus hidup.
  3. Tubuh mereka ditutupi dengan bulu putih keabu-abuan. Dalam kesempatan yang jarang terjadi dapat berwarna hitam, cokelat atau berwarna albino.
  4. Ekor panjang membantu mereka dalam memanjat, tetapi mereka tidak dapat menggantung dari cabang hanya menggunakan ekornya (seperti film Ice Age).
  5. Oposum memiliki lebih banyak gigi daripada mamalia lain yakni 50 buah gigi.
  6. Mereka adalah omnivora (makan tumbuhan dan hewan). Serangga biasanya ada di menu mereka, tetapi mereka juga suka reptil, amfibi, telur, buah, dan beri. Mereka sering menggali tong sampah untuk mencari makanan. Karena mereka makan bangkai, hewan mati di jalan bisa menjadi makanan yang sempurna bagi mereka.
  7. Predator utama oposum adalah anjing, rubah, coyote, elang dan burung hantu. Oposum lebih sering mati dalam kecelakaan mobil, oleh parasit dan penyakit.

Fakta ke 2 Oposum

  1. Sama seperti garangan, oposum juga dapat bertahan dari gigitan ular berbisa. Mereka kebal terhadap rabies dan memiliki sistem kekebalan yang lebih baik daripada kebanyakan mamalia (jarang sakit).
  2. Mereka bukan teritorial. Mereka bergerak terus-menerus dan mencari makanan di lokasi yang berbeda. Oposum tidak menggali lubang; mereka menggunakan sarang hewan lain yang ditinggalkan.
  3. Oposum adalah hewan nokturnal (mereka berburu di malam hari). Mereka memiliki penglihatan yang buruk dan indra pendengaran yang juga jelek, sehingga mereka harus mengandalkan indera penciuman selama perburuan. Untungnya, indra penciuman mereka sangat tajam.
  4. Kelompok oposum disebut “passel”.
  5. Mereka memiliki cakar tajam yang dapat digunakan melawan predator, tetapi mereka memiliki teknik lain yang lebih efisien yang dapat membantu mereka bertahan dari situasi berbahaya: mereka berpura-pura mati! Sebagian besar hewan menghindari makan bangkai dan mereka lebih suka membiarkan hewan mati tidak tersentuh. Oposum dapat berbaring tanpa bergerak dari satu menit hingga 6 jam.
  6. Oposum jantan menghasilkan suara khusus untuk menarik perhatian si betina. Setelah kawin, hanya perlu 14 hari untuk bayi oposum lahir. Saat lahir, mereka sekecil lebah madu. Satu tandu biasanya terdiri dari 20 bayi. Hanya beberapa bayi yang selamat sampe dewasa.
  7. Bayi merangkak ke kantong ibu dan tinggal di sana sampai mereka benar-benar berkembang. Setelah 67 hari, mereka dapat meninggalkan kantong untuk pertama kalinya. Setelah 75 hari, mereka siap makan makanan padat. Ketika mereka masih muda, ibu membawa bayinya di punggung selama masa perburuan.
  8. Oposum berumur 2 tahun di alam liar dan hingga 4 tahun di penangkaran.

Tulis Komentar

Komentar