Fakta

15 Fakta Unik Tentang Orangutan

Tentang Orangutan

Orangutan adalah kera besar berwarna merah. Mereka adalah satu-satunya kelompok Kera Besar yang hidup di luar Afrika dan hanya ada di Indonesia.

Ada dua jenis orangutan, yang diberi nama sama semperti tenpat yang mereka tempati: orangutan Sumatra dan Kalimantan (mereka hidup di hutan hujan Sumatra dan Kalimantan).

Kedua spesies ini terancam punah karena perburuan dan hilangnya habitat alami.

fakta orangutan

Fakta Tentang Orangutan

  1. Orangutan juga dikenal sebagai “Kera Merah” karena bulunya yang berwarna merah.
  2. Orangutan adalah salah satu kerabat terdekat manusia. Mereka memiliki 32 gigi, seperti manusia dan kehamilan mereka berlangsung 9 bulan, sama seperti pada wanita.
  3. Tinggi mereka biasanya 3,5-4,5 kaki dan berat antara 110-200 pound.
  4. 50% dari makanan mereka terdiri dari buah. Selain itu, orangutan suka makan daun, kulit kayu, serangga. Mereka adalah hewan diurnal, yang berarti mereka aktif di siang hari.
  5. Orangutan adalah mamalia arboreal terbesar (hewan yang menghabiskan hidupnya di pohon). Mereka dapat bergerak dengan cepat dari satu cabang ke cabang lainnya. Mereka juga dapat menghabiskan banyak waktu hanya dengan menggenggam cabang atau ranting dengan satu tangan ketika mereka mengkonsumsi makanan (buah atau daun).
  6. Mereka hidup di pepohonan untuk menghindari pemangsa seperti harimau atau macan tutul yang berburu di tanah.
  7. Ketika orangutan merentangkan tangan mereka, jarak antara jari kaki di lengan kiri dan kanan mereka adalah 7-8 kaki, ini berarti ukuran mereka lebih besar dari tinggi dari manusia.

Fakta ke 2 Orangutan

  1. Orangutan adalah hewan yang sangat cerdas. Mereka menggunakan alat-alat seperti tongkat untuk memeriksa kedalaman air sebelum masuk. Ketika nyamuk mengganggu mereka, mereka menggunakan cabang untuk mengusir mereka. Saat hujan atau ketika matahari terlalu trik, mereka akan menggunakan daun besar untuk melindungi kepala mereka.
  2. Mereka dapat menghasilkan berbagai suara (13-15 macam suara) untuk berkomunikasi.
  3. Orangutan adalah hewan soliter. Sang jantan selalu hidup sendiri, sementara betina hidup sendiri atau bersama anak-anaknya. Orangutan jantan dan betina menghabiskan waktu bersama hanya selama musim kawin.
  4. Sekitar menginjak usia 15 tahun, orangutan jantan dapat mengembangkan bantalan pipi besar yang menarik perhatian betina.
  5. Kehamilan 9 bulan akan berakhir dengan satu bayi. Si bayi orangutan terkait erat dengan ibu mereka dan bergantung pada sang ibu untuk makan dan perlindungan. Orangutan muda akan tinggal bersama sang ibu mereka selama 7 tahun.
  6. Bayi orangutan akan menangis ketika lapar dan akan merintih saat terluka. Bayi orangutan dapat menunjukkan ekspresi tersenyum kepada ibu mereka.
  7. Orangutan bereproduksi sangat lambat. Mereka hanya memiliki 3 anak seumur hidup.
  8. Orangutan hidup 35 tahun di alam liar dan hingga 50 tahun di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *