Fakta

15 Fakta Unik Tentang Paus Beluga

Tentang Paus Beluga

Paus Beluga adalah paus terkecil di planet ini. Ia hidup di perairan pesisir Samudra Arktik dan di wilayah subarktik.

Ketika suhu air turun secara signifikan (dan es mulai terbentuk), beluga bermigrasi ke selatan, di mana airnya lebih hangat. Karena penangkapan ikan beluga komersial untuk daging dan kulit mereka, beberapa populasi beluga dihilangkan hampir seluruhnya.

Ancaman lain bagi kelangsungan hidup beluga adalah polusi laut, perubahan iklim (pembekuan air mendadak atau kenaikan suhu air) dan tumpahan minyak. Beluga terdaftar sebagai spesies yang terancam (hampir punah) karena semua faktor ini.

Fakta Tentang Paus Beluga

  1. Beluga adalah yang terkecil dari semua paus. Mereka terlihat seperti lumba-lumba besar, panjangnya mencapai 13 hingga 20 kaki dan berat 2.000 hingga 3.000 pon.
  2. Beluga mudah dikenali dengan warna putih kulit mereka dan dahi bulat (disebut “melon”). Mereka dapat mengubah bentuk dahi dengan menghembuskan udara melalui sinus di kepala.
  3. Seperti pada mamalia lain, permukaan kulit beluga ditutupi dengan rambut.
  4. Jantung Beluga berbobot 12 pound. Beberapa tahun yang lalu, satu beluga menyelamatkan peserta yang tertekan dalam kompetisi menyelam bebas dengan mendorongnya kembali ke permukaan air untuk mengambil udara yang sangat dibutuhkan. Tindakan manusiawi ini menunjukkan bahwa beluga adalah hewan yang benar-benar berhati besar.
  5. Vertebra di leher beluga tidak menyatu, yang memungkinkan hewan untuk memutar kepalanya secara bebas dan memindahkannya ke segala arah.
  6. Beluga tidak memiliki sirip punggung sebagai adaptasi terhadap kehidupan di perairan yang sangat dingin. Karena setiap bagian dari tubuh beluga memancarkan panas ke lingkungan, menghilangkan sirip membantu menjaga setidaknya sebagian dari panas. Alih-alih sirip punggung, beluga memiliki punggung punggung.
  7. Adaptasi lain terhadap kehidupan dalam air beku adalah lapisan tebal lemak (3,9 hingga 5,9 inci) dan kulit tebal. Kulit mereka digunakan dalam pembuatan rompi anti peluru tipe pertama.

Fakta ke 2 Paus Beluga

  1. Beluga dapat tinggal 25 menit di bawah air (tanpa mencapai permukaan untuk udara), dan menyelam ke kedalaman 0,5 mil.
  2. Beluga adalah hewan sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut “buah”.
  3. Beluga adalah binatang yang sangat vokal. Mereka menggunakan berbagai suara, seperti klik, peluit dan dentang, dalam komunikasi. Belugas juga dapat meniru suara lain yang mereka dengar. Karena suara keras yang mereka hasilkan, beluga juga dikenal sebagai “kenari laut”.
  4. Beluga adalah karnivora (pemakan daging) yang suka makan udang, ikan, dan cacing laut.
  5. Ketika air membeku tiba-tiba, hewan akhirnya terperangkap dalam es dan mati. Selain itu, beluga sering dimangsa oleh beruang kutub dan paus pemburu.
  6. Meskipun beluga dikenal dengan kulit putihnya, berwarna abu-abu, coklat atau hitam pada saat lahir. Kulit mereka mulai memudar setelah beberapa tahun, ketika mereka mencapai kematangan s*ksual (antara 5 dan 8 tahun).
  7. Beluga lahir di muara (tempat sungai bertemu lautan) yang berlumpur. Warna gelap bayi beluga membantunya bersembunyi dari pemangsa dan bertahan hidup di tahun-tahun awal kehidupannya. Beluga muda sangat terkait dengan ibunya dan naik di punggungnya saat bergerak melalui air.
  8. Umur beluga rata-rata di alam liar adalah antara 35 hingga 50 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *