15 Fakta Unik Tentang Paus Biru

5/5 (1)

Paus biru adalah hewan terbesar di planet ini. Itu dapat ditemukan di semua samudera di dunia. Mereka biasanya menghabiskan musim panas di air arktik dan bermigrasi ke perairan selatan (lebih hangat) selama musim dingin. Paus biru adalah makhluk yang sangat tua – mereka ada di Bumi 54 juta tahun. Jumlah paus biru menurun drastis pada paruh pertama abad ke-20 ketika pemburu paus memburu mereka hampir punah. Saat ini, paus biru berada di bawah perlindungan dan jumlah mereka berhasil sedikit meningkat. Mereka masih merupakan hewan yang terancam punah dengan kurang dari 4.500 hewan tersisa di planet ini. Selain berburu, paus biru terancam oleh polusi laut, peningkatan lalu lintas laut (mereka mati setelah tabrakan dengan kapal), perubahan iklim dan tumpahan minyak.

paus biru

Fakta Tentang Paus Biru

  1. Paus biru adalah hewan terbesar yang pernah hidup di planet ini! Panjangnya bisa mencapai 100 kaki dan berat 150 ton. Panjangnya sama dengan panjang dua bus sekolah dan beratnya sama dengan berat 30 gajah dewasa.
  2. Paus biru berevolusi dari kuda nil. Mereka mengembangkan bentuk ramping (bertanggung jawab untuk gerakan anggun melalui air), mengubah kaki depan mereka menjadi sirip, mengurangi kaki belakang mereka dan mengembangkan ekor yang kuat dan lebar (seukuran jaring sepakbola profesional).
  3. Sekitar 100 orang dapat masuk ke dalam mulut paus biru, namun, ia memakan salah satu hewan terkecil di planet ini – krill (invertebrata seperti udang).
  4. Paus biru adalah pengumpan filter. Mereka menelan sejumlah besar air dengan krill dan menyaring makanan dari air. Alih-alih gigi, mereka memiliki pelat keratin (kuku dan rambut manusia terbuat dari bahan yang sama), yang disebut “balin”, yang bertindak seperti sisir, yang melepaskan air yang tertelan dan menyimpan krill di dalam mulut. Paus biru memakan 4 hingga 6 ton krill setiap hari.
  5. Paus biru bernafas menggunakan paru-paru. Ini memiliki lubang hidung besar di bagian atas kepalanya (bayi dapat merangkak melewatinya) melalui mana ia mengeluarkan napas. Udara yang dihembuskan, yang terlihat seperti air mancur, dapat mencapai ketinggian 30 kaki (seperti bangunan tiga lantai).
  6. Heart of the blue whale memiliki ukuran yang sama dengan Mini Cooper. Ini berdetak 5 hingga 6 kali dalam satu menit saat di permukaan dan 3 kali saat menyelam. Arteri dan vena utama paus biru sangat besar sehingga anak kecil dapat melewatinya.
  7. Paus biru berenang 5 mil per jam, tetapi mereka dapat berakselerasi hingga 30 mil per jam saat terancam.
  8. Paus biru tidur sambil berenang. Mereka hanya menggunakan setengah otak mereka saat tidur.
  9. Paus biru adalah hewan paling keras di planet ini. Lagu-lagu mereka dapat didengar mil jauhnya, karena panggilan mereka memiliki 190 desibel (puncak musik rock adalah 150 desibel).
  10. 1 Paus biru berkomunikasi melalui lagu. Mereka adalah makhluk soliter yang berkumpul selama musim kawin. Para ilmuwan percaya bahwa paus dapat mendengar lagu bahkan jika mereka berada 1.000 mil jauhnya dari satu sama lain. Paus biru juga menghasilkan suara untuk lokasi-gema (mereka menavigasi melalui air dengan mendengarkan suara yang terpental dari benda-benda di depannya).
  11. Selain manusia, satu-satunya predator paus biru adalah orca dan hiu putih besar.
  12. Betina melahirkan satu bayi setelah satu tahun kehamilan. Berat bayi 3 ton dan panjangnya mencapai 25 kaki.
  13. Bayi meminum 100 galon susu setiap hari dan memperoleh 9 pound setiap jam (200 pound per hari).
  14. Para ilmuwan memperhatikan bahwa terkadang paus biru kawin dengan paus sirip.
  15. Paus biru dapat hidup antara 80 dan 90 tahun di alam liar.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =