dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Badak

Tentang Badak

Badak adalah mamalia darat terbesar kedua setelah Gajah. Hewan badak dapat ditemukan di Afrika dan Asia. Ada 5 spesies badak dan semuanya terancam punah karena perburuan liar yang berlebihan. Pemburu memburu badak karena menginginkan tanduknya.

Fakta Tentang Badak

  1. Kuda, zebra dan tapir adalah kerabat terdekat badak.
  2. Tinggi badak bisa mencapai 6 kaki, panjang 11 kaki  dan beratnya hingga 6000 pound. Meskipun ukuran tubuhnya sangat besar, Badak ternyata memiliki otak yang sangat kecil.
  3. Dua jenis badak hidup di Afrika: putih dan hitam. Badak putih tidak memilki warna putih sama sekali. Ia memiliki kulit kecoklatan dan memiliki mulut yang lebih lebar dibandingkan dengan badak hitam.
  4. Badak jawa adalah yang paling langka dari semua spesies. Hanya 50 badak jawa yang tersisa di alam liar. Spesies ini terlihat seperti tubuhnya ditutupi dengan lempengan-lempengan yang berat. Pelat-pelat itu sebenarnya adalah lipatan kulit.
  5. Meskipun kulit mereka tebal, ternyata badak juga dapat merasakan kulit mereka terbakar sinar matahari. Badak menutupi diri dengan lumpur untuk menciptakan lapisan pelindung pada kulit.
  6. Badak adalah hewan herbivora (hanya makan tanaman). Mereka makan rumput, semak, daun dan tunas.
  7. Tanduk badak terbuat dari keratik yaitu zat yang sama untuk membuat kuku kita.

Fakta ke 2 Badak

  1. Spesies yang berbeda memiliki jumlah tanduk yang berbeda: badak India dan badak Jawa memiliki satu tanduk, sedangkan badak Putih, Hitam dan Sumatera memiliki dua tanduk.
  2. Panjang tanduk badak dapat mencapai 4 kaki.
  3. Burung kecil yang disebut oxpeckers menghilangkan kutu dan serangga dari kulit badak.
  4. Badak adalah hewan yang berlari cepat. Dapat berlari hingga 40 mil per jam.
  5. Badak memiliki penglihatan yang buruk, tetapi mereka memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat baik.
  6. Badak adalah hewan yang paling tidak cinta damai. Badak hitam sering bertengkar satu sama lain. 50% laki-laki dan 30% perempuan mati sebagai akibat perkelahian.
  7. Kehamilan berlangsung antara 14 dan 18 bulan dan induknya merawat bayinya dengan baik. Badak muda akan meninggalkan induknya 2-4 tahun setelah lahir.
  8. Badak hidup 40-45 tahun di alam liar.

Tulis Komentar

Komentar