15 Fakta Unik Tentang Buaya

Buaya adalah reptil terbesar yang hidup di air tawar, danau, sungai dan air payau (campuran antara air asin dan air tawar). Mereka dapat ditemukan di daerah tropis Australia, Afrika, Amerika dan Asia (termasuk di Indonesia). Ada 23 spesies buaya dan kebanyakan dari mereka terancam punah karena perburuan liar. Kulit buaya sangat dihargai di industri fashion dan mewakili simbol status bagi orang kaya.

fakta buaya

Fakta Tentang Buaya

  1. Kerabat terdekat buaya adalah dinosaurus.
  2. Buaya hidup di Bumi dari sekitar 240 juta tahun yang lalu. Mereka muncul pada saat yang sama ketika dinosaurus muncul.
  3. Ukuran buaya bervariasi. Spesies buaya terbesar adalah Buaya Air Asin yang panjangnya bisa mencapai 13-18 kaki dan beratnya mencapai 2.200 pound. Spesies buaya terkecil adalah Dwarf Crocodile yang dapat mencapai panjang 5 kaki dan berat hingga 40-70 pound.
  4. Buaya adalah pemakan daging (karnivora). Mereka memiliki 24 gigi tajam yang digunakan untuk memangsa ikan, burung, mamalia dan buaya kecil.
  5. Buaya tidak mengunyah makanannya. Mereka merobek-robek daging dan menelan potongan besar daging. Buaya juga suka menelan batu atau krikil untuk mempercepat penggilingan makanan di perut mereka.
  6. Ekspresi “air mata buaya menangis” didasarkan pada fakta sebenarnya – buaya menghasilkan air mata ketika mereka makan. Mereka tidak menangis karena merasa kasihan pada mangsa, tetapi karena mereka menelan terlalu banyak udara, yang berhubungan dengan kelenjar lachrymal (kelenjar yang menghasilkan air mata) yang memaksa air mata untuk mengalir.
  7. Mereka memiliki salah satu gigitan terkuat di dunia hewan. Otot yang mendorong penutupan rahang jauh lebih kuat daripada otot yang membuka rahang. Karena itu, manusia dapat menggunakan tangan kosong untuk menutup mulut buaya.
  8. Buaya sering terlihat dengan rahangnya terbuka lebar. Mereka membuka rahang untuk mendinginkan diri karena buaya tidak memiliki kelenjar keringat.
  9. Hanya perut buaya yang memiliki kulit lembut dan halus. Kulit di punggungnya mengandung struktur tulang (disebut osteodermata) yang membuat kulit nya keras.
  10. Buaya memiliki penglihatan yang sangat baik (terutama pada malam hari). Mata mereka dapat terlihat seperti titik-titik merah sambil mengintip dari air pada malam hari.
  11. Buaya dan alligator tidak sama. Buaya lebih besar, memiliki rahang berbentuk V dan beberapa giginya dapat terlihat bahkan ketika rahangnya tertutup sepenuhnya. Alligators lebih kecil, mereka memiliki rahang berbentuk U dan giginya tidak terlihat ketika rahang ditutup.
  12. Buaya kawin selama musim hujan. Betina bertelur 20 sampai 80 telur dan perlu 3 bulan untuk menetas.
  13. Suhu sarang menentukan jenis kelamin bayi buaya. Ketika suhu 31,6 derajat Celcius – buaya jantan akan berkembang dan jika suhu di bawah dan di atas 31,6 derajat menginduksi perkembangan buaya betina.
  14. 99% bayi buaya akan dimakan pada tahun pertama hidupnya oleh ikan besar, hyena, biawak, dan buaya yang lebih besar.
  15. Kebanyakan buaya hidup 50-60 tahun di alam liar dan beberapa jenis buaya dapat hidup hingga lebih dari 80 tahun.

Suka artikel ini?

1 thought on “15 Fakta Unik Tentang Buaya”

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Ikan Piranha | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − five =