15 Fakta Unik Tentang Gajah

Gajah adalah mamalia darat terbesar di Bumi. Gajah India, sabana, hutan dan asia (Gajah sumatera) adalah empat spesies gajah yang masih tersisa. Gajah India memiliki telinga yang kecil dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan dua spesies lainnya. sabana dan gajah hutan hidup di Afrika sedangkan gajah asia hanya berhabitat di Indonesia, tepatnya di pulau Sumatera. Keberadaan semua sepesies gajah saat ini sangat terancam karena meningkatnya perburuan dan hilangnya sebagian besar habitat mereka.

fakta tentang gajah

Fakta Tentang Gajah

  1. Gajah hidup dalam kelompok yang dipandu oleh anggota betina tertua. 
  2. Gajah tidur 2-3 jam per hari. Mereka menghabiskan sisa waktunya untuk makan. Gajah adalah vegetarian (hanya makan tanaman).
  3. Makanan favorit gajah adalah akasia. Jika semut merayap di pohon, gajah akan menjauh dari pohon karena semut dapat melukai belalai gajah yang sensitif.
  4. Belalai gajah besar dan berotot mulai dari hidung hingga bagian bibir atas.
  5. Gajah muda (bayi) mengisap belalai mereka seperti bayi manusia mengisap jempol.
  6. Gajah yang hidup di penangkaran dapat menggunakan belalai mereka untuk tujuan artistik. Mereka dapat memegang kuas dan melukis berbagai gambar menggunakan belalinya.
  7. Kulit gajah setebal satu inci, sama seperti badak kulit gajah juga tidak menjamin terlidung dari paparan sinar matahar. Gajah menggunakan lumpur untuk menutupi kulit mereka dari paparan sinar matahari.
  8. Gajah berkomunikasi dengan menggunakan suara yang tidak dapat didengar manusia dan dengan menghasilkan getaran di tanah menggunakan kaki mereka.
  9. Gajah melakukan “upacara pemakaman” ketika mereka kehilangan anggota kawanan. Mereka berkumpul di sekitar tubuh dan tetap diam untuk sementara waktu. Mereka akan menggunakan dahan atau ranting untuk menutupi tubuh sebelum mereka pergi.
  10. Gajah dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin. Hanya beberapa hewan tertentu yang memiliki kemampuan ini.
  11. Gajah tidak suka makan kacang.
  12. Karena ukurannya yang besar, gajah perlu makan 150kg per hari.
  13. Gigi yang sudah tua dan rusak akan diganti 6-7 kali dalam seumur hidup (manusia mengganti gigi susu sekali seumur hidup).
  14. Gajah mengepakkan telinga mereka untuk mengibasi badan dengan tujuan mendinginkan diri. Jika mereka mendinginkan diri di air, gajah akan menggunakan belalainya sebagai pancuran.
  15. Gajah hidup 60-70 tahun di alam liar. Di penangkaran gajah bisa hidup lebih dari 80 tahun.

Suka artikel ini?

3 thoughts on “15 Fakta Unik Tentang Gajah”

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Jerapah | SEOCrypt

  2. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Panda | SEOCrypt

  3. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Kuda Nil | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =