15 Fakta Unik Tentang Gurita

5/5 (2)

Tentang Gurita

Gurita adalah salah satu makhluk laut yang paling menarik. Nama gurita berasal dari bahasa Yunani “Ὀκτάπους” yang artinya berkaki delapan. Ada lebih dari 200 spesies gurita dan semuanya hidup tersebar di lautan seluruh belahan dunia, Gurita biasanya bersembunyi di dekat terumbu karang.

Gurita adalah invertebrata, yang berarti mereka tidak memiliki tulang. Karena itu, gurita akan berbentuk aneh ketika diangkat keluar dari air.

fakta gurita

Fakta Tentang Gurita

  1. Semua gurita memiliki kepala, yang disebut mantel, dikelilingi dengan 8 tangan/kaki, yang disebut tentakel. Semua organ vital gurita terletak di kepalanya.
  2. Warna dan ukuran mereka ditentukan oleh lingkungan. Mereka yang hidup di air yang lebih dingin akan jauh lebih besar daripada mereka yang hidup di air tropis (hangat).
  3. Hanya ada satu struktur keras di tubuh mereka yaitu paruh yang terlihat seperti paruh burung beo. Mereka menggunakan paruh ini untuk makan.
  4. Gurita menggunakan cangkir hisap yang sangat kuat (240 di setiap tentakel), mereka berburu kepiting, moluska dan udang karang.
  5. Mereka memiliki 3 hati dan darah mereka berwarna biru.
  6. Meskipun mereka invertebrata, mereka telah mengembangkan sistem saraf yang luar biasa dan mereka dapat mempelajari berbagai hal. Beberapa percobaan menunjukkan bahwa mereka dapat memecahkan teka-teki, membedakan bentuk dan pola. Mereka dapat mengembangkan memori ingatan jangka pendek dan jangka panjang.
  7. Karena sistem saraf yang sangat berkembang, beberapa orang percaya bahwa gurita merasakan sakit ketika luka.

Fakta ke 2 Gurita

  1. Gurita terkenal karena kemampuan mereka untuk melarikan diri dari pemangsa menggunakan berbagai teknik.
  2. Mereka dapat mengubah warna dan tekstur kulit agar menyatu dengan lingkungan dan menjadi tidak terlihat oleh predator.
  3. Gurita akan mengeluarkan tinta gelap yang akan membingungkan predator dan memberi mereka kesempatan untuk melarikan diri.
  4. Jika predator meangsa tentakel gurita, segera setelah itu, tentakel baru akan cepat tumbuh.
  5. Beberapa gurita menghasilkan toksin yang sangat kuat yang dapat membuat mangsanya tersengat atau melukai manusia. Gurita paling berbahaya adalah gurita cincin biru yang dapat mem6unuh beberapa orang sekaligus.
  6. Gurita jantan akan mati beberapa bulan setelah kawin. Betina akan bertahan hidup sampai telurnya menetas. Dia akan mati kelaparan, karena dia tidak akan makan tiga bulan (waktu yang dibutuhkan telur untuk menetas).
  7. Betina bertelur hingga 150.000 telur dalam seminggu. Setelah menetas, gurita kecil akan mengapung dalam waktu singkat dan kemudian berenang kembali ke dasar laut.
  8. Rata-rata usia gurita hanya beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung pada spesiesnya.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *