Fakta

15 Fakta Unik Tentang Harimau

Tentang Harimau

Harimau adalah jenis kucing terbesar di dunia. Mereka dapat bertahan hidup di berbagai iklim Asia dan Rusia: dari hutan hujan tropis, dan savana ke hutan Siberia. Ada 5 subspesies harimau. Semuanya sangat terancam punah, diperkirakan hanya ada 7400 ekor harimau yang tersisa di alam liar.

Jumlah sangat cepat menurun karena perburuan (mereka diburu untuk diambil kulitnya) dan hilangnya habitat alami. Sebagian orang memelihara harimau sebagai hewan peliharaan. Di Amerika Serikat, jumlah harimau yang disimpan sebagai hewan peliharaan lebih banyak daripada jumlah harimau di alam liar.

Fakta Tentang Harimau

  1. Harimau adalah jenis kucing terbesar. Harimau Siberia adalah yang terbesar dari semua subspesies. Panjangnya 11 kaki dan beratnya bisa mencapai 660 pon. Panjang ekor harimau berfungsi untuk keseimbangan saat berlari dan dapat digunakan untuk komunikasi.
  2. Harimau terkenal karena belang di tubuhnya. Mereka memiliki lebih dari 100 garis yang diposisikan secara unik yang digunakan untuk mengidentifikasi harimau (seperti sidik jari manusia). Belang ini juga berfungsi untuk kamuflase.
  3. Harimau putih adalah jenis harimau spesial yang jarang muncul di alam. Harimau ini memiliki bulu putih dengan garis-garis dan mata biru.
  4. Harimau adalah hewan soliter (hidup sendiri). Mereka hanya bertemu selama musim kawin. Dalam kasus yang jarang terjadi harimau juga mempunyai kelompok.
  5. Mereka adalah hewan teritorial, yang berarti bahwa mereka menguasai bagian tertentu dari alam liar hanya untuk diri mereka sendiri. Tergantung pada spesies harimau biasanya wilawah teritorial mereka berkisar dari 10-30 mil persegi, tetapi dalam beberapa kasus dapat jauh lebih besar – hingga 120 mil persegi.
  6. Harimau akan menandai wilayahnya dengan campuran urin dan cairan dari kelenjar yang memiliki bau yang intensif. Dengan begitu, harimau lain akan tahu bahwa wilayah itu sudah diduduki atau ditempati.
  7. Harimau memiliki cakar besar dan cakar yang tajam dan dapat ditarik (mereka dapat menyembunyikan cakarnya). Mereka menggunakannya untuk berburu mangsa dan untuk bertarung dengan harimau lain.

Fakta ke 2 Harimau

  1. Harimau biasanya makan mamalia besar seperti babi hutan dan rusa. Selain itu, harimau juga dapat menyerang dan memakan ular piton, buaya dan bahkan beruang.
  2. Harimau adalah predator penyergap – mereka akan menangkap mangsa mereka menggunakan teknik menyergap secepat kilat.
  3. Harimau adalah perenang yang sangat baik. Mereka bisa berenang 4 mil dengan mangsa di mulut mereka.
  4. Pada usia 3 setengah tahun, harimau betina siap menjadi ibu untuk pertama kalinya. Dia biasanya memiliki 3-4 anak. Meskipun ia adalah ibu yang sangat protektif, separuh dari anak-anaknya akan dimangsa oleh predator dan harimau jantan atau mati karena kekurangan makanan.
  5. Rendahnya jumlah anak yang bertahan hidup inilah yang menyebabkan harimau terancam punah.
  6. Harimau memiliki penglihatan yang sangat baik. Mereka melihat 6 kali lebih tajam daripada manusia di malam hari. Mereka pendengar dengan baik dan menghasilkan raungan yang sangat keras dan khas selama musim kawin. Aungan harimau dapat didengar hingga satu mil jauhnya.
  7. Harimau adalah hewan yang sangat cepat. Mereka dapat berlari 35-40 mil per jam. Mereka juga pelompat yang bagus; mereka bisa melompat hingga sejauh 10 meter.
  8. Harimau dapat bertahan hidup 10-15 tahun di alam liar dan sekitar 20 tahun di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *