15 Fakta Unik Tentang Hiu Putih “Great White Shark”

Meskipun ada sekitar 400 spesies hiu yang ditemukan, Hiu Putih adalah salah satu yang paling populer. Bagian dari popularitas mereka karena adanya film horor yang menunjukkan Hiu Putih sebagai ikan monster yang menakutkan dan memangsa manusia sebagai makanan reguler mereka. Film-film haror yang mengangkat Hiu putih ini jauh dari kata sebenarnya karena Hiu putih adalah spesies predator terbesar (yang memburu hewan lain) di lautan dan salah satu predator paling sukses di penjuru dunia, tetapi Hiu putih tidak memakan manusia. Hiu ini dapat ditemukan di perairan dalam dan dekat pantai dari semua benua kecuali Antartika.

hiu putih

Fakta Tentang Hiu Putih

  1. Hiu putih betina lebih besar dibanding jantan.
  2. Sisi punggung tubuh hiu berwarna gelap (hitam, abu-abu, kecoklatan) dan perut mereka berwarna putih bersih. Warna tubuh yang spesifik adalah kamuflase yang sangat baik untuk mencegah mangsa melihat.
  3. Hiu putih dapat memakan seekor singa laut dalam sekali makan.
  4. Hiu putih tidak memiliki kelopak mata, tetapi mereka dapat menggulung bola mata selama berburu untuk mencegah cedera mata. Ini sangat penting ketika mereka berburu singa laut yang memiliki cakar tajam. Selain itu, Hiu putih memiliki penglihatan yang sangat baik.
  5. Hiu putih tidak menghasilkan suara seperti paus. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh dan aroma.
  6. Hiu putih memiliki indera penciuman yang sangat tajam, mereka dapat mencium satu tetes darah dalam sejuta tetes air.
  7. Kebanyakan hiu menjadi tidak bergerak ketika mereka terbalik. Fenomena ini disebut “imobilitas tonik” dan Hiu putih mungkin mengalaminya juga. Orcas menggunakan teknik ini untuk mengalahkan hiu putih, mereka membuat hiu terbalik hingga berhenti bernapas.
  8. Hiu putih memiliki elektro-reseptor yang berfungsi untuk mendeteksi medan listrik semua hewan di air. Mereka menggunakan reseptor ini untuk mencari mangsa.
  9. Hiu putih dapat menyerang menusia, tetapi mereka tidak akan memakannya. Serangan terjadi karena hiu melihat manusia seperti anjing laut. Karena manusia tidak memiliki banyak lemak seperti yang dibutuhkan hiu, oleh karena itu hiu tidak akan memakan manusia.
  10. Hiu ini tumbuh sangat lambat. Hiu jantan mencapai kematangan pada usia 10, dan betina pada usia 15 tahun. Indukan akan melahirkan 2-10 bayi hiu setelah 12 bulan kehamilan. Sama seperti Ular piton, hiu membiarkan anak-anak mereka hidup secara mandiri sejak lahir.
  11. Hiu putih yang tinggal di dekat pantai Afrika Selatan terkenal akan lompatan mengesankan mereka dari dalam air.
  12. Hiu putih adalah hewan soliter (hidup sendiri). Mereka berkumpul hanya pada saat musim kawin.
  13. Hiu putih tidak bisa hidup di penangkaran (di akuarium) karena mereka menjadi bingung dan bertabrakan dengan kaca akuarium sepanjang waktu.
  14. Manusia memburu lebih dari 100 juta hiu setiap tahun! Jumlah hiu berkurang secara drastis dan hewan-hewan ini sekarang diklasifikasikan sebagai terancam punah. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa hanya 10.000 Hiu putih yang tersisa di alam liar.
  15. Hiu putih hidup hingga 60 tahun.

Suka artikel ini?

6 thoughts on “15 Fakta Unik Tentang Hiu Putih “Great White Shark””

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Panda | SEOCrypt

  2. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Ikan Piranha | SEOCrypt

  3. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Ikan Pari | SEOCrypt

  4. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Belut Moray | SEOCrypt

  5. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Bintang Laut | SEOCrypt

  6. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Ikan Buntal | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + thirteen =