15 Fakta Unik Tentang Ikan Pari

5/5 (2)

Tentang Ikan Pari

Ikan pari adalah kelompok ikan yang beragam yang ditandai oleh tubuh yang gepeng. Mereka dapat ditemukan di lautan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

kan pari adalah kelompok ikan yang beragam yang ditandai oleh tubuh yang gepeng. Mereka dapat ditemukan di lautan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Ikan pari hidup di laut air hangat dan dangkal. Sebagian besar waktu mereka habiskan untuk bersembunyi di dasar laut. Ada 60 spesies ikan pari yang berbeda. Beberapa dari jenis ikan pari masuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

ikan pari

Fakta Tentang Ikan Pari

  1. Ikan pari terbesar dapat mencapai panjang 6,5 kaki dan berat hingga 790 pon.
  2. Ikan pari adalah kerabat dekat ikan hiu. Seperti hiu, mereka tidak memiliki kerangka bertulang. Kerangka mereka terbuat dari tulang rawan, bahan yang sama yang membentuk hidung dan telinga kita.
  3. Tubuh pipih atau gepeng mereka berakhir dengan ekor panjang yang biasanya berisi tulang belakang dan racun. Tulang belakang dapat bergerigi pada beberapa spesies ikan pari.
  4. Mereka menggunakan tulang belakang dan racun untuk melindungi diri dari predator. Ikan pari dapat melumpuhkan banyak hewan yang berbeda, termasuk manusia.
  5. Dokter gigi Yunani kuno menggunakan racun ikan pari sebagai obat anestesi.
  6. Orang-orang yang tinggal di daerah di mana ikan pari dapat ditemukan menggunakan duri mereka untuk membuat senjata (belati). Racun tetap mematikan bahkan jika diekstraksi dari ikan pari mati.
  7. Mata mereka terletak di bagian atas kepala, tetapi mereka tidak menggunakan mata untuk mencari mangsa. Ikan pari memiliki sensor elektro yang membantu mereka mendeteksi muatan listrik yang memancar untuk menemukan mangsa.

Fakta ke 2 Ikan Pari

  1. Mulut ikan pari terletak di sisi bawah tubuh mereka. Ketika mereka menangkap udang, dan kerang, mereka akan menabrak dan memakannya menggunakan rahang mereka yang kuat.
  2. Selain mulut, mereka memiliki slide insang dan lubang hidung di sisi bawah tubuh mereka.
  3. Mereka berenang dengan menggerakkan sirip ke atas dan ke bawah. Gerakan-gerakan ini mirip dengan gerakan sayap pada burung dan kadang-kadang dikatakan bahwa ikan pari “terbang” di air.
  4. Mereka biasanya menyendiri, tetapi kadang-kadang mereka berenang dalam kelompok. Kelompok ikan pari disebut “school”.
  5. Sebagian besar waktu mereka, mereka akan disembunyikan di dasar laut. Bentuk dan warna tubuh mereka memungkinkan mereka untuk menyelinap di bawah pasir dan menjadi tidak terlihat oleh pemangsa.
  6. Ikan pari melahirkan 2-6 baby ikan pari setiap tahun.
  7. Bayi pari lahir sepenuhnya berkembang; mereka terlihat seperti versi mini dari hewan dewasa. Bayi merawat diri sendiri sejak saat lahir.
  8. Ikan pari berumur 15-25 tahun di alam liar.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *