dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Ikan Lumba-lumba

Tentang Lumba-lumba

Lumba-lumba adalah salah satu kelompok mamalia air yang paling indah. Sebagian besar spesies lumba-lumba hidup di air laut dan dapat ditemukan di semua lautan di dunia, dan hanya beberapa spesies yang hidup di air tawar di Asia dan Amerika Selatan.

Jumlah lumba-lumba menurun drastis karena penangkapan ikan komersial, tangkapan tidak disengaja (bersama dengan ikan lain) dan karena sumber makanan normal berkurang secara drastis sebagai akibat dari pemanasan global. Beberapa spesies lumba-lumba terancam punah dalam waktu dekat.

Fakta Tentang Ikan Lumba-lumba

  1. Ukuran lumba-lumba bisa berkisar dari 4-30 kaki, dan beratnya antara 90 kilogram dan 11 ton. Lumba-lumba Maui adalah yang terkecil, sedangkan orca adalah spesies lumba-lumba terbesar.
  2. Lumba-lumba memiliki 100 gigi di mulutnya. Meskipun banyak gigi, mereka tidak mengunyah makanan – mereka menelan mangsanya dalam keadaan utuh.
  3. Semua lumba-lumba adalah karnivora (pemakan daging). Lumba-lumba yang lebih kecil memakan ikan dan cumi-cumi, sedangkan lumba-lumba besar seperti orca memakan anjing laut, singa laut dan jenis lumba-lumba dan paus lainnya.
  4. Lumba-lumba menggunakan ekolokasi untuk menemukan mangsa dan mendeteksi predator. Mereka menghasilkan suara sonar yang bergerak melalui air dan memantul dari setiap objek di depan mereka. Suara kembali dalam bentuk gema. Ikan lumba-lumba dapat mengidentifikasi jenis dan ukuran objek, kecepatan dan lokasinya menggunakan ekolokasi yang dimiliki.
  5. Selain ekolokasi, lumba-lumba menggunakan cuitan, derit, dan berkuak untuk berkomunikasi satu sama lain.
  6. Lumba-lumba hidup dalam kelompok besar yang disebut polong. Mereka adalah hewan sosial dan sangat menyenangkan. Mereka sering bermain dengan anggota lain dari polong, atau bahkan dengan rumput laut.
  7. Meskipun mereka suka bermain, mereka sangat berbelas kasih dan mereka akan memelihara anggota pods yang tua atau sakit kapan pun diperlukan.

Fakta ke 2 Lumba-lumba

  1. Lumba-lumba menghirup udara atmosfer menggunakan lubang di bagian atas kepala mereka. Beberapa lumba-lumba tidak bisa bertahan lebih dari 20 detik di bawah air, tetapi yang lain bisa menyelam hingga 30 menit tanpa kembali ke permukaan air untuk mengambil udara segar.
  2. Lumba-lumba harus tetap sadar jika ingin bernafas. Karena itu, lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak. Alih-alih tidur nyenyak, lumba-lumba hanya menggunakan setengah otak mereka ketika mereka tidur. Setengah lainnya membuat lumba-lumba “setengah sadar”.
  3. Ketika mereka beristirahat, lumba-lumba berenang dekat dengan permukaan, tetapi ketika mereka terjaga mereka dapat menyelam hingga 1000 kaki di bawah air.
  4. Mereka bisa berenang hingga 25 mil per jam untuk jangka waktu yang lama dan dapat melompat hingga jarak 20 kaki.
  5. Lumba-lumba dapat dilihat di berbagai akuarium di seluruh dunia. Mereka dapat belajar banyak teknik bermain sirkus karena mereka memiliki otak yang besar.
  6. Lumba-lumba jantan disebut bull, betina dan bayi disebut cow.
  7. Kehamilan pada lumba-lumba berlangsung antara 11 dan 17 bulan. Betina melahirkan cow dengan ekornya yang muncul pertama kali. Lumba-lumba adalah satu-satunya mamalia yang bayinya keluar ke dunia dengan ekor, bukan kepala mereka. Bayi lumba-lumba tinggal bersama induknya hingga 2-3 tahun.
  8. Lumba-lumba biasanya hidup sekitar 17 tahun di alam liar dan beberapa spesies dapat hidup hingga 50 tahun.

Tulis Komentar

Komentar