15 Fakta Unik Tentang Panda

Panda masih milik keluarga dengan beruang. Panda hidup di hutan bambu Cina, tetapi hilangnya habitat alami dan perburuan mendorong panda ke jurang kepunahan. Hewan cantik dan imuet ini sangat terancam karena hanya ada 1000 (Seribu) panda yang tersisa di alam liar.

fakta tentang panda

Fakta Tentang Panda

  1. Panda adalah simbol perdamaian di Tiongkok. Selama pertempuran di masa lalu, orang Cina akan menaikkan bendera dengan panda jika mereka ingin memulai gencatan senjata atau menghentikan pertempuran. Panda juga merupakan simbol dari World Wide Fund for Nature (WWF), lembaga internasional yang bekerja pada perlindungan hewan yang terancam punah.
  2. 99% Makanan panda adalah banbu. Panda menghabiskan 14-16 jam per hari untuk makan.
  3. Panda dapat mengupas dan memakan batang bambu dalam waktu 40 detik. dan mereka duduk saat makan.
  4. Panda memiliki gigi tujuh kali lebih besar dari manusia. Gigi besar memudahkan panda mengunyah bambu.
  5. Panda menggunakan 11 suara berbeda untuk berkomunikasi. Empat dari suara mereka digunakan selama musim kawin.
  6. Panda betina berovulasi sekali per tahun dan hanya memiliki beberapa hari untuk kawin. Setelah kawin selesai, dan panda betina akan mengejar panda jantan dari wilayahnya.
  7. Panda betina mengurus anaknya sendiri. Biasanya satu bayi dilahirkan. Dalam kasus kembar, induk akan mengabaikan anak yang lebih lemah karena kurangnya kemampuan yang dibutuhkan untuk perawatan dua bayi.
  8. Ketika lahir, bayi panda beratnya hanya 5 ons. Induk 900 kali lebih berat daripada anaknya dan ia bisa melindas anaknya secara tidak sengaja.
  9. Sama seperti Hiu putih panda adalah hewan soliter (hidup sendiri). Mereka menguasai sebagian besar hutan hanya untuk diri mereka sendiri karena mereka tidak memiliki cukup kemampuan untuk bersaing dengan panda lain untuk makanan, wilayah, dan pasangan.
  10. Sekitar 240 panda di dunia hidup dalam penangkaran. Panda adalah hewan kebun binatang yang paling mahal. Mereka 5 kali lebih mahal daripada gajah, karena banyaknya jumlah bambu yang mereka makan setiap hari.
  11. Para ilmuwan masih penasaran mengapa bulu panda diwarnai dengan cara yang unik. Warna kulitnya juga spesifik. Kulit hitam di bawah bulu hitam dan merah muda di bawah bulu putih.
  12. Karena ukurannya yang besar, panda tidak memiliki musuh alami. Hanya bayi kecil dan panda tua yang bisa menjadi makanan potensial macan tutul salju.
  13. Panda akan mulai memanjat pohon pada usia yang sangat muda (sebelum ulang tahun pertama mereka). Mereka akan menjadi mahir seiring berjalannya waktu.
  14. Panda tidak hibernasi seperti jenis beruang lainnya.
  15. Di alam liar panda liar hidup sekitar 20 tahun. Di penangkaran, panda bisa hidup 20 hingga 30 tahun.

Suka artikel ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eight =