Fakta

15 Fakta Unik Tentang Penguin

Tentang Penguin

Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang. Alih-alih seperti sayap biasa, sayap penguin berfungsi seperti sirip. Ada kurang dari dua puluh spesies penguin yang teridentifikasi dan mereka semua hidup di belahan bumi Selatan.

Selain di Antartika, mereka dapat ditemukan di Amerika Selatan, Afrika Selatan, Selandia Baru dan banyak pulau Pasifik. Penguin adalah burung yang mudah beradaptasi, itulah sebabnya mereka dapat dilihat di banyak kebun binatang dan “Sea Worlds” di seluruh dunia.

fakta penguin

Fakta Tentang Penguin

  1. Penguin Galapagos adalah satu-satunya jenis penguin yang dapat dilihat di belahan bumi utara. Ini jarang terjadi dan hanya terjadi ketika makanan di belahan bumi selatan langka.
  2. Penguin adalah perenang yang sangat baik. Mereka bisa berenang dengan kecepatan 15-20 mil per jam. Mereka dapat menahan nafas selama 20 menit dan dapat menyelam lebih dalam daripada burung lain.
  3. Mata penguin melihat lebih baik di bawah air daripada di permukaan air. Penglihatan yang sangat baik ini membantu mereka untuk menghindari pemangsa saat mereka menyelam mencari makanan.
  4. Predator alami penguin adalah orcas, anjing laut, hiu, dan ular.
  5. Penguin adalah karnivora. Mereka makan udang, kril, cumi-cumi dan ikan.
  6. Warna bulu yang unik memberikan kamuflase yang sangat baik di air: punggung berwarna gelap tidak dapat dilihat dari atas karena mereka berbaur dengan air, dan perut putih tidak dapat dilihat dari bawah karena mereka menyatu dengan langit.
  7. Penguin adalah hewan sosial. Mereka tinggal ber kelompok besar yang terdiri dari seribu hingga sepuluh ribu pasangan.

Fakta ke 2 Penguin

  1. Penguin berkomunikasi dengan menghasilkan suara. Mereka juga berkomunikasi menggunakan kepala dan sirip mereka.
  2. Bulu Penguin padat dan dilumasi dengan minyak. Selain bulu, lapisan tebal kulit dan lemak memberikan perlindungan dari suhu kutub yang sangat dingin.
  3. Kaisar dan raja penguin tidak membuat sarang untuk telur mereka. Penguin betina meletakkan satu telur dan si jantan mengurusnya sampai menetas. Ayah akan menutup telur dengan kulit yang disebut kantong induk. Telur harus tetap hangat dari 8-10 minggu. Selama waktu itu ayah tidak makan. Dia bisa kehilangan hingga setengah dari massa tubuhnya sebelum anak penguin menetas.
  4. Jika penguin kehilangan pasangan, dia bisa mencuri pasangan dari keluarga lain.
  5. Penguin peri adalah jenis penguin terkecil. Beratnya hanya 2 kilogram. Penguin kaisar adalah penguin terbesar dan beratnya bisa mencapai 90 kilogram.
  6. Penguin bermata kuning hidup di dekat Selandia Baru dan ini adalah spesies penguin yang paling langka. Hanya 5000 ekor yang tersisa di alam liar.
  7. Dari 18 spesies penguin yang diketahui, 5 spesies teranhiucam punah.
  8. Penguin hidup antara 15 dan 20 tahun, tergantung pada spesiesnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *