dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Singa

Tentang Singa

Singa adalah salah satu kucing terbesar di dunia. Mereka tinggal di bagian selatan dan timur Afrika. Singa adalah jenis kucing sosial yang hidup dalam kelompok yang disebut “prides”. Setiap kelompok terdiri dari satu atau dua jantan dan banyak betina.

Kelompok yang lebih besar bisa terdiri hingga 40 singa. Hidup dalam kelompok dapat meningkatkan hasil berburu dan memberikan perlindungan bagi anak-anaknya.

Fakta Tentang Singa

  1. Singa adalah jewan karnivora dan mereka biasa berburu antelop, zebra dan wildebeests. Meskipun singa jantan lebih besar dan kuat, namun singa betina yang  bertanggung jawab atas perburuan.
  2. Singa bertindak se[erti perampok yang sering menyerang hyena dan mencuri mangsa mereka.
  3. Selama satu kali makan, singa bisa makan hingga 40 pon daging. Setelah mereka mengisi peru, singa akan tidur lebih dari 20 jam.
  4. Gigi belakang singa disebut carnassals yang bekerja seperti gunting. Daging cincang akan ditelan tanpa dikunyah.
  5. Singa mudah dikenali dengan rambut disekeliling kepala. Rambut yang lebih lebat dan gelap menunjukkan singa yang paling kuat dan singa lain sering menghindarinya. Namun singa betina bereaksi berbeda – mereka tertarik oleh ramput lebat dan gelap.
  6. Ketika singa jantan dan singa betina bertemu, mereka saling menyapa dengan menggosok badan mereka. Selama proses ini, mereka bertukar aroma.
  7. Singa betina akan melahirkan 1-3 anak setiap 2 tahun. Anak singa memiliki bintik-bintik saat lahir, tetapi mereka menghilang seiring bertambahnya usia/waktu.

Fakta ke 2 Singa

  1. Ketika singa dan harimau kawin, jenis hewan baru bernama Liger tercipta. Liger memiliki garis-garis seperti harimau, tetapi warna bulunya pucat dibandingkan dengan bulu harimau.
  2. Singa memiliki cakar yang dapat ditarik, yang berarti bahwa mereka dapat “menyembunyikan” cakar mereka selama bermain dan menghindari saling menyakiti.
  3. Ekor panjang memberikan keseimbangan ketika singa berlari, tetapi dapat juga digunakan untuk menandakan berbagai perintah kepada anggota lain.
  4. Porcupine adalah salah satu musuh singa. Duri tajam mereka dapat menempel di rahang singa selama sisa hidup singa.
  5. Sampai mereka mencapai 2 tahun, singa tidak bisa mengaum. Begitu mereka belajar bagaimana menyuarakan, raungan mereka dapat didengar pada jarak hingga 5 mil.
  6. Ketika laki-laki muda mencapai kematangan, laki-laki yang lebih tua akan menendang mereka keluar dari kelompok. Ketika mereka mengembara sendiri, singa muda dikenal sebagai nomaden (hidup berpindah-pindah). Jika mereka berhasil bertahan dan mendapatkan kekuatan, mereka akan bertarung dengan singa lain untuk mengambil alih harga diri mereka sendiri.
  7. Ketika singa baru mengambil suatu kekuasaan, ia memangsa semua anak yang bukan miliknya. Di alam liar, anak-anak singa mati di usia muda.
  8. Singa hidup hingga 15 tahun di alam liar, sementara mereka dapat bertahan hidup 25-30 tahun di penangkaran. Jumlah singa menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir. Sama seperti Badak, singa adalah salah satu spesies hewan yang terancam punah.

Tulis Komentar

Komentar