15 Fakta Unik Tentang Tarantula

5/5 (1)

Tentang Tarantula

Tarantula adalah laba-laba terbesar yang teridentifikasi. Habitat alami tarantula berada di gurun, hutan hujan dan padang rumput. Mereka tinggal di semua benua kecuali Antartika.

Ada lebih dari 800 spesies tarantula. Sebagai konsekuensi dari perusakan habitat, perubahan iklim dan perburuan tarantula (untuk dijual sebagai hewan peliharaan) beberapa spesies hewan ini menjadi terancam punah.

tarantula

Fakta Tentang Tarantula

  1. Ukuran tarantula dapat beragam: bisa berukuran kecil seperti kuku hingga sebesar piring makan.
  2. Kebanyakan tarantula berbulu, memiliki 8 kaki dan 2 taring.
  3. Mereka memiliki 8 mata, tetapi tarantula memiliki kualitas penglihatan kurang baik.
  4. Meskipun tarantula dapat menggigit dan mempunyai racun tetapi efek gigitannya tidak cukup kuat untuk menyakiti seorang pria. Gigitannya mirip dengan gigitan lebah.
  5. Tarantula memakan serangga, kadal kecil dan bahkan burung.
  6. Mereka tidak bisa mengunyah makanan mereka, jadi mereka menyuntikkan jus pencernaan ke mangsa dan menunggu makanan berubah menjadi jus. Tarantula memiliki mulut berbentuk seperti sedotan dan dengan mudah menghijap makanan cair.
  7. Tarantula memiliki banyak musuh. Ular, kadal, burung, coyote, dan rubah akan memakan tarantula kapan pun saat mereka bisa.

Fakta ke 2 Tarantula

  1. Musuh terburuk tarantula adalah Tarantula Hawk (Tawon Pemangsa Tarantula), jenis tawon yang melumpuhkan laba-laba dengan cara bertelur di tubuhnya. Larva akan makan laba-laba saat masih hidup.
  2. Tarantula menggunakan rambut yang mudah dilepas di punggung dan perut untuk mempertahankan diri terhadap pemangsa. Rambut-rambut ini akan menimbulkan gatal yang tidak membuat nyaman ketika mereka tersentuh oleh predator.
  3. Tarantula menghasilkan sutra untuk menandai wilayahnya, melindungi telurnya dan menyembunyikan sarangnya.
  4. Tarantula mendeteksi getaran dari tanah yang berasal dari predator dan dari mangsa. Dalam kasus predator, ia akan bersembunyi. Dalam kasus mangsa, ia akan menunggu dalam penyergapan sampai mangsa mendekat.
  5. Tarantula jantan jauh lebih kecil daripada perempuan. Sebagian tarantula betina akan makan sang jantan setelah kawin.
  6. Tarantula betina meletakkan sekitar 2.000 telur yang akan menetas setelah 1-3 bulan inkubasi.
  7. Kebanyakan tarantula muda akan dimakan oleh predator dalam beberapa tahun pertama kehidupan mereka.
  8. Tarantula jantan hidup 5-10 tahun, dan betina bisa hidup lebih dari 20 tahun.

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *