15 Fakta Unik Tentang Trenggiling (Pangolin)

4.5/5 (2)

Tentang Trenggiling

Trenggiling adalah hewan yang tampak aneh, ada delapan spesies trenggiling yang berbeda. Empat dari mereka tinggal di Asia, empat di Afrika. Mereka lebih suka hutan sabana, padang rumput, daerah kering dan berpasir dan lereng berbatu.

Beberapa spesies trenggiling terancam punah karena perburuan yang ekstensif. Orang-orang memburu trenggiling dan menggunakan berbagai bagian tubuh mereka untuk obat-obatan tradisional di Cina dan Afrika. Juga, kulit spesifik mereka digunakan dalam industri fashion.

trenggiling

Fakta Tentang Trenggiling

  1. Trenggiling bisa mencapai panjang 3,2 kaki dan berat hampir 40 pon. Jantan dan betina dari trenggiling India (salah satu spesies) dapat dengan mudah dibedakan, karena jantan dapat 90% lebih berat daripada betina.
  2. Tubuh trenggiling ditutupi dengan sisik keras berwarna cokelat yang terbuat dari keratin (kuku dan rambut manusia terbuat dari bahan yang sama). Sisik menutupi setiap bagian tubuh mereka kecuali dahi, perut, dan sisi dalam kaki mereka.
  3. Trenggiling memiliki lima jari pada setiap kaki. Digit pertama dan terakhir pada kaki depan dikurangi. Tiga digit tengah dikembangkan dengan baik. Mereka memiliki cakar yang sangat tajam, yang berfungsi sebagai alat yang sempurna untuk menggali. Kaki depan mereka lebih pendek dari kaki belakang.
  4. Trenggiling memiliki ekor yang dapat diatur yang memberikan keseimbangan saat memegang binatang sambil menggantung dari cabang-cabang pohon.
  5. Trenggiling adalah insektivora (hewan yang hanya memakan serangga). Mereka memiliki lidah yang sangat panjang, berbentuk batang dan lengket yang panjangnya bisa 16 inci lebih. Sama seperti Anteater, trenggiling jjuga memasukkan lidah panjang mereka ke lubang sarang rayap untuk mengambil makanan mereka.
  6. Trenggiling bisa makan hingga 70 juta serangga per malam. Mereka makan biasanya 90 kali pada malam hari, di mana setiap makan berlangsung satu menit. Hanya ada 19 spesies rayap dan semut yang suka dimakan trenggiling.
  7. Trenggiling tidak memiliki gigi sehingga mereka menelan pasir dan batu-batu kecil bersama dengan serangga untuk memfasilitasi penggilingan makanan dan pencernaan.

Fakta ke 2 Trenggiling

  1. Selain manusia, predator utama trenggiling adalah singa, harimau, dan macan tutul. Trenggiling memiliki beberapa metode saat bertahan melawan mereka. yakni meringkuk/menggulung tubuh mereka menjadi bola dengan balutan sisik yang tajam. Ini juga membantu trenggiling untuk menjaga bagian tubuhnya yang sensitif tetap aman. Trenggiling juga dapat menyemprot predator dengan zat yang diproduksi di kelenjar anus. Sigung juga menggunakan mekanisme yang sama untuk bertahan dari predator.
  2. Trenggiling juga menggunakan kelenjar aroma untuk menandai wilayah mereka. Ia akan menyebarkan urin dan feses.
  3. Trenggiling adalah hewan nokturnal (aktif di malam hari), yang hidup menyendiri. Mereka tidur di liang bawah tanah.
  4. Trenggiling memiliki penglihatan yang buruk, tetapi mereka memiliki indra penciuman yang sangat baik. Mereka tidak memiliki telinga eksternal, tetapi mereka mendengar dengan baik.
  5. Musim kawin berlangsung pada bulan Maret. Kehamilan berlangsung selama 135 hari dan berakhir dengan satu bayi.
  6. Bayi trenggiling menghabiskan hari-hari pertama hidupnya di sarang. Sang ibu harus meninggalkannya setiap kali dia pergi mencari makanan. Jika ibu merasakan bahaya, dia akan memindahkan bayinya ke sarang lain.
  7. Ketika bayi trenggiling sudah cukup besar, ia bepergian dengan ibu mereka dengan menaiki pangkal ekornya.
  8. Trenggiling berumur antara 12 dan 20 tahun di penangkaran (tergantung pada spesiesnya).

Suka artikel ini?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *