dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Tupai Terbang

Tentang Tupai Terbang

Tupai terbang adalah jenis tupai yang terkenal karena kemampuannya untuk “terbang”. Ada sekitar 50 spesies tupai terbang yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

Yang paling terkenal adalah penghuni bagian utara dan selatan Amerika dan Kanada. Mereka dapat ditemukan di hutan jenis sulung, konifer atau campuran. Tupai terbang tidak termasuk daftar hewan yang terancam punah.

Fakta Tupai Terbang

  1. Panjang tupai terbang biasanya 12 inci (termasuk ekor) dan beratnya antara 4 dan 6,5 ons.
  2. Jantan dan betina terlihat sama. Bulu di punggung dan sampingnya berwarna coklat sampai abu-abu, dan putih di perut. Ekornya rata dan besar. Ini digunakan sebagai kemudi ketika mereka meluncur di udara.
  3. Meskipun mereka dikenal sebagai “tupai terbang”, mereka sebenarnya tidak benar-benar terbang – mereka hanya meluncur atau terjun di udara. Jenis khusus dari membran berbulu (disebut patagia), membentang di antara pergelangan tangan dan pergelangan kaki, berfungsi sebagai parasut yang mendukung tupai sambil melompat dari pohon ke pohon.
  4. Tupai terbang dapat berputar 180 derajat selama meluncur. “Penerbangan” yang paling lama direkam adalah 300 kaki, tetapi mereka biasanya menempuh jarak yang jauh lebih pendek dari itu. Mereka biasanya meluncur antara 20 hingga 30 kaki.
  5. Tupai terbang menggunakan cakarnya yang tebal sebagai bantal untuk mendarat. Ketika mereka mendarat di pohon, mereka memanjat setinggi mungkin untuk mempersiapkan diri untuk melompat.
  6. Tupai terbang adalah makhluk nokturnal (aktif di malam hari). Mata besar dan menonjol membantu mereka melihat dalam gelap.

Fakta ke 2 Tupai Terbang

  1. Tupai terbang adalah omnivora (makan daging dan tumbuh-tumbuhan). Mereka suka makan berbagai jenis makanan: siput, tikus, telur, burung kecil, jamur, beri, biji, kacang-kacangan, kulit pohon, bunga, dll.
  2. Tidak seperti tupai lain, tupai terbang membentuk lubang tunggal di kulit kacang untuk menggapai isi di dalamnya. Tupai lain memecahkan seluruh cangkang untuk melepaskan biji kacang.
  3. Tupai terbang tidak berhibernasi, tetapi mereka memperlambat aktivitasnya selama musim dingin. Karena sumber makanan langka pada waktu itu, mereka bertahan hidup sebagian besar dengan makan makanan yang dikumpulkan selama musim sebelumnya. Tupai terbang dapat mengumpulkan hingga 15 000 kacang per satu musim.
  4. Predator utama tupai terbang adalah rakun, anjing hutan, burung hantu, rubah, ular, burung, kucing dan anjing.
  5. Tupai terbang adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup di lubang-lubang pohon, seperti yang dibuat oleh burung pelatuk. Sekelompok besar tupai dapat berbagi satu lubang. Tupai menghemat energi mereka melalui kehidupan di kelompok.
  6. Tupai terbang dapat berbagi sarang dengan hewan lain seperti kelelawar.
  7. Perkawinan terjadi di awal musim semi dan terkadang di akhir musim panas. Masa kehamilan berlangsung 40 hari dan tupai terbang betina melahirkan 2 hingga 7 bayi.
  8. Bayi tupai terbang tidak berambut dan buta. Telinga mereka tertutup dan jari-jari kaki menyatu. Telinga akan terbuka setelah 2 hingga 6 hari. Setelah 6 hari, jari kaki akan terpisah satu sama lain. Bulu mulai tumbuh setelah 7 hari dan mata mereka akhirnya terbuka setelah 24 hingga 30 hari.
  9. Umur rata-rata tupai terbang di alam liar antara 4 dan 5 tahun dan hingga 10 dan 15 tahun di penangkaran.

Tulis Komentar

Komentar