15 Fakta Unik Tentang Ular Kobra

Ular kobra adalah kelompok ular berbisa yang besar dan beragam. Ada 270 jenis kobra. Mereka hidup di daerah tropis Afrika, Asia dan Australia, biasanya di hutan dan daerah dekat sungai. Kobra terbesar adalah King Cobra namun sayang nya spesies ini masuk dalam daftar hewan yang terancam punah karena hilangnya habitat.

ular kobra

Fakta Tentang Ular Kobra

  1. Spesies kobra terkecil adalah kobra meludah Mozambik, panjangnya hanya 4 kaki. Spesies terbesar adalah King Cobra. Beratnya sekitar 13 pound dan memiliki panjang 18 kaki.
  2. Mereka bisa berwarna hijau, coklat dan coklat tua.
  3. Cobra terkenal dengan tudungnya, yang merupakan lipatan kulit yang dapat menyebar ketika ular merasa marah atau terancam. Saat tudung kobra mekar dapat menakuti predator dan mengusir mereka.
  4. Pawang ular di Burma/Myanmar menggunakan ular kobra untuk menghibur penonton. Kobra merespon dengan baik terhadap rangsangan visual dan dapat “dilatih” untuk menunjukkan tudung ketika naik dari tas. Pawang ular biasa menghilangkan bisa kobra sebelum pentas untuk mencegah gigitan. Tradisi ini ilegal dan tidak manusiawi untuk ular.
  5. Kobra menghasilkan racun dalam jumlah besar. Hanya dengan satu gigitan, kobra dapat melumpuhkan gajah besar atau 10-15 manusia dewasa. Taring berbisa memiliki panjang setengah inci.
  6. Kobra dapat meludahkan racun mereka dengan akurasi luar biasa. Mereka bisa sejajar dengan kepala predator dan menyemprotkan racun ke mata.
  7. Penangkal racun (zat yang bisa membalikkan efek racun) dibuat dari racun yang sama yang menyebabkan keracunan.
  8. Kobra memakan kadal, katak, burung, mamalia, ikan, dan ular lainnya.
  9. Mereka memiliki penglihatan malam hari dan indra penciuman yang sangat baik, yang kobra biasa gunakan untuk mendeteksi mangsa. Indera penciuman kobra terletak di lidah.
  10. Metabolisme mereka sangat lambat, sehingga mereka hanya perlu makan setiap beberapa bulan.
  11. Seperti ular lainnya, mereka menelan seluruh mangsa tanpa mengunyahnya.
  12. Kelompok kobra disebut “quiver”.
  13. Kobra adalah satu-satunya ular yang menunjukkan semacam perilaku orang tua. Mereka membangun sarang untuk telur mereka dan menjaga mereka sampai mereka menetas.
  14. Betina bertelur antara 20-40 telur. Waktu inkubasi (waktu sampai mereka menetas) berlangsung antara 60-80 hari.
  15. Kobra dapat berumur 20 tahun di alam liar. Mereka mungkin hidup lebih lama di penangkaran.

Suka artikel ini?

1 thought on “15 Fakta Unik Tentang Ular Kobra”

  1. Pingback: 15 Fakta Unik Tentang Meerkat | SEOCrypt

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + one =