dalam Fakta

15 Fakta Unik Tentang Ikan Piranha

Tentang Piranha

Piranha adalah ikan yang hanya berukuran kecil hingga sedang yang hidup di sungai Amerika Selatan. Beberapa ikan piranha dapat ditemukan di danau dan sungai yang hangat di Amerika Utara dan di Danau Kaptai di Bangladesh.

Kata piranha berarti “gigi ikan” dalam bahasa pribumi Amazon. Jumlah yang tepat dari spesies piranha tidak diketahui (antara 30 hingga 60). Ikan ini tidak termasuk daftar ikan yang terancam punah.

Fakta Unik Ikan Piranhas

  1. Piranha memiliki tubuh perak ditambah dengan perut merah yang berfungsi sebagai kamuflase di perairan berlumpur yang mereka huni.
  2. Panjang ikan piranha hanya 5,5-17 inci dan berat sekitar 7,7 pound.
  3. Kebanyakan orang berpikir bahwa piranha memiliki nafsu makan yang tak terpuaskan jika mencium bau darah, tetapi sebenarnya mereka adalah hewan omnivora (makan daging dan tumbuhan). Mereka biasanya makan siput, ikan, hewan air, tumbuhan, biji dan buah. Di alam liar sekelompok ikan piranha akan berpesta dengan hewan dan burung ketika jatuh ke air, namun kejadian ini jarang terjadi.
  4. Gigi tajam dan runcing mereka tersusun dalam satu baris.
  5. Tulang rahang mereka sangat kuat, sehingga dapat memutuskan jari manusia dalam 5-10 detik.
  6. Penduduk setempat menggunakan gigi piranha untuk membuat senjata dan alat lainnya.
  7. Sama seperti ikan hiu, piranha dilengkapi dengan organ sensorik khusus yang dapat membantu mereka mendeteksi darah di dalam air.

Fakta ke 2 Piranha

  1. Piranha adalah kanibal (memakan spesies mereka sendiri). Mereka akan menyerang dan memakan piranha lainnya ketika kekurangan sumber pangan.
  2. Film menakutkan tentang piranha yang digambarkan sebagai penyerang manusia yang dapat memakan tubuh manusia hanya dalam beberapa detik. Faktanya walau mereka hidup dan makan dalam kelompok besar, piranha membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan mangsa besar.
  3. Kelompok piranha dikenal sebagai “schools”. school terdiri dari 1.000 ikan piranha.
  4. Lumba-lumba, buaya, dan kura-kura adalah musuh terbesar piranha.
  5. Kawin terjadi selama musim hujan di bulan April dan Mei.
  6. Piranha betina dapat pertelur hingga 5000 butir.
  7. Karena piranha jantan dan betina kompak merawat telurnya, 90% telur piranha bertahan hingga menetas.
  8. Mereka hidup hingga 25 tahun di alam liar dan 10-20 tahun di akuarium.

Tulis Komentar

Komentar