dalam Sosial

Manfaatkan masa muda kalian dengan baik, carilah teman sebanyak-banyaknya. Jangan pernah takut atau terlalu milih-milih dalam hal berteman. Rangkullah semua orang yang ada di sekitarmu, tapi ingat, rangkul dalam arti berteman. Jangan dirangkul beneran, apalagi kalau yang dirangkul ternyata istri angkatan darat.

Nggak ada yang salah dalam berteman, yang salah itu kalau kalian berteman dengan orang yang salah. Kalian harus tau siapa yang layak dijadikan teman beneran, dan teman yang cuma sekadar kenalan. Intinya, jangan jadi anak ansos. Efeknya, akan seperti ini:

Akan Canggung Kalau Bertemu Orang Baru

Anak ansos itu terbiasa dengan kesendirian. Mereka akan risih kalau ada orang baru yang masuk ke kehidupannya. Mereka berpikir kalau apa yang mereka lakuin itu benar, dan dalam pengerjaannya cukup sendirian.

Kalau sampai itu terjadi pada hidupmu, nanti kamu akan canggung kalau bertemu dengan orang baru. Yang artinya, tiap bertemu dengan orang, kalian akan menghindar. Kalaupun nggak bisa menghindar, kalian akan bingung mau berbuat apa.

Bingung Dalam Membuka Obrolan

Karena nggak pernah bergaul dengan orang, begitu anak ansos berada dalam keramaian, dia akan bingung dalam hal membuka obrolan. Ya, itu semua karena mereka terbiasa diam.

Sekalinya mereka berinteraksi, bakalan terjadi grogi yang luar biasa. Biasanya, kalau ngomong gagap.

Nggak Punya Link

Kita nggak bisa hidup sendirian. Akan ada masanya (dan pasti) kita butuh bantuan teman atau rekan kerja. Kalau kalian adalah tipe anak yang ansos, tentu akan bingung mau minta bantuan sama siapa karena emang nggak kenal siapa-siapa.

Sama Tuhan? Tuhan pun butuh perantara. Kalau perantaranya nggak ada, ya susah.

Susah Berkembang

Pengalaman adalah guru yang baik dalam mengajarkan kita tentang kehidupan. Tapi yang perlu diingat, hidup itu singkat, dan kita nggak harus mengalami sebuah kejadian yang membuat kita jadi ‘belajar’. Ya, kita bisa belajar dari orang lain, dari pengalamannya.

Kalau kalian ansos, tentu mau belajar sama siapa? Yang ada, kalian susah berkembang dalam hal apapun.

Tulis Komentar

Komentar