dalam Doa

“Hai orang – orang yang beriman, apabila diseru untuk melakukan shalat jumat, maka segeralah kamu untuk mengingat nama Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

(QS. Al – Jumu’ah : 9)

Dari ayat yang telah disebutkan diatas, menunaikan ibadah shalat jumat hukumnya adalah wajib. terlepas dari hal itu, Allah memberikan berbagai keistimewaan kepada umat muslim. satu diantara berbagai keistimewaan tersebut yakni adalah hari jumat, setelah kaum Yahudi dan Nasrani dipalingkan dariNya.

dalam menunaikan ibadah shalat jumat, tidak jarang pula sebagian umat muslim sering melupakan hal – hal yang berkaitan dengan shalat jumat. berikut ini adalah hal – hal yang sering terlupakan hendak melakukan shalat jumat.

  1. Tidak mandi sebelum menunaikan shalat jumat. Sebagian riwayat nabi Muhammad SAW secara dzahir menyebutkan bahwa mandi sebelum melaksanakan shalat jumat hukumnya adalah wajib. oleh karena itu, sebagian ulama berpendapat jika mandi sebelum shalat jumat adalah wajib. namun, sebagian ulama juga berpendapat bahwa mandi sebelum shalat jumat hukumnya adalah sunat muakad (sangat ditekankan).
  2. Memasuki mesjid sebelum khotib menaiki mimbar. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Apabila hari jumat datang, maka para malaikat akan duduk di depan pintu mesjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai dengan waktu kedatangan mereka. Ada orang yang seperti berkurban unta, ada yang seperti berkurban sapi, ada yang seperti berkurban kambing, ada yang seperti berkurban ayam, ada yang seperti berkurban burung, dan ada yang seperti berkurban telur. Ketika muazin melakukan adzan dan imam sudah duduk di mimbar maka buku catatan ditutup dan mereka masuk masjid, mendengarkan khotbah.” (HR. Ahmad). dari hadits tersebut, diketahui bahwa datang terlambat dalam menunaikan ibadah shalat jumat, terlebih lagi jika khotib telah menaiki mimbar, maka malaikat tidak akan mencatat amal ibadah shalat jumatnya.
  3. Tidak mendengarkan khotbah. dalam shalat jumat, hal yang sering terlupakan adalah bahwa mendengarkan adzan hukumnya sunat, dan mendengarkan khotbah hukumnya adalah wajib. “Dan apabila dibacakan Al – Quran, dengarlah baik – baik, serta perhatikanlah dengan tenang.” (QS. Al – A’raaf : 204).

Tulis Komentar

Komentar