dalam Beauty

Pada dasarnya, ketombe memang bukanlah sebuah penyakit yang ganas dan mematikan. Namun, keberadaan ketombe pada rambut atau kulit kepala tentu saja dapat mengganggu penampilan. Selain itu, rasa gatal pada kulit kepala akibat dari ketombe tersebut sangat mengganggu berbagai macam aktivitas. Apalagi jika terus menggaruk kulit kepala secara berlebihan, hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kepala.

Untuk mengatasi hal ini, terdapat beberapa cara ampuh untuk menghilangkan ketombe. Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan cara yang alami agar lebih aman.

Jeruk nipis

Sediakan 2 buah jeruk nipis yang segar, kemudian belah masing-masing jeruk menjadi 3 bagian. Gosokkan jeruk nipis yang telah dibelah satu persatu ke permukaan kulit kepala serta rambut secara merata. Kemudian tutupi permukaan kulit kepala dan rambut dengan menggunakan handuk, diamkan selama satu malam. Bilas kulit kepala serta rambut pada pagi hari dengna menggunakan air bersih hingga bersih dari sisa-sisa jeruk nipis. Lakukan cara ini minimal tiga kali dalam satu pekan.

Garam dapur

Ambil 2 sendok makan garam dapur, kemudian larutkan garam pada air dingin. Basahi kedua telapak tangan pada air garam tersebut, kemudian gosok permukaan kulit kepala dan rambut menggunakan tangan. Tunggu sekitar 10-15 menit sambil melakukan pijatan lembut hingga pori-pori kulit kepala menyerap kandungan air garam tersebut. Setelah itu, gunakan shampoo (jauh lebih baik jika terbuat dari bahan alami) dan air untuk membersihkan kulit kepala serta rambut. Lakukan cara ini minimal dua kali dalam satu pekan.

Jika berbagai macam cara pengobatan telah dilakukan, namun ketombe masih belum hilang, sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kulit. Jangan biarkan ketombe tinggal di kulit kepala dalam jangka waktu yang lama, karena adanya ketombe pada kulit kepala dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Tulis Komentar

Komentar