dalam Beauty, Kesehatan

Anda merasa terganggu dengan kerontokan rambut yang menyebabkan botak, kebotakan memang lebih banyak dialami oleh para pria.

Dan menurut hasil penelitian membuktikan bahwa 95% masalah ini merupakan faktor genetik.

Faktor lain penyebab kebotakan adalah stres dan usia. Beberapa penyakit dan terapinya juga bisa menyebabkan kebotakan, seperti lupus, penyakit kekebalan tubuh, terapi radiasi atau kemiterapi dan sebagainya.

Secara umum, pemicu kebotakan tidak berjauhan dari perilaku sehari-hari. Tarikan yang terlalu kuat saat menyisir, penggunaan sisir yang terlalu kasar, penggunaan shampo yang tidak sesuai, pengecetan rambut, dll.

Sinar matahari yang menyengatpun turut punya andil dalam membotakkan kepala. Banyak upaya dalam mencegah kerontokan.

Misalnya semacam memakai shampo yang diperkaya dengan vitamin, hair tonic, salep penyubur rambut, aneka ramuan untuk creambath, hingga mencangkok rambut.

Selain cara tadi meminum suplemen yang mengandung zat besi, biotin, folat, seng serta mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar justru lebih dipercaya mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi pertumbuhan rambut.

Jika kebotakkan diakibatkan oleh malnutrisi, hal tersebut bisa diperbaiki dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin A, B dan C, serta kalsium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, yogurt, tofu, kedelai, pepaya, tomat dan seafood.

Demikian pula kerontokan akibat stres, carilah cara mengatasi sumbernya, Jika itu sudah bisa diatasi, maka kerontokanpun akan berakhir dengan sendirinya.(Ndh/Berbagai Sumber)

Tulis Komentar

Komentar