Peranan ICT pada Sektor Publik dan Private

4.67/5 (3)
ICT pada Sektor Publik

ICT pada Sektor Publik

Perkembangan ICT pada akhirnya memperluas fungsinya dari sekedar otomatisasi (pemrosesan data) pekerjaan dengan lingkup private menjadi pemrosesan dan komunikasi data dengan lingkup pekerjaan yang lebih luas, yaitu sektor publik.

Kunci inovasinya terdapat pada computer-network dari Intranet ke Internet, yang oleh organisasi pemerintahan kemudian diimplemen- tasikan dalam menghasilkan hubungan G2C (government to Citizen), G2B (government to Bussiness).

Agar ICT dapat digunakan secara efektif, proses transformasi dari private menuju public sector ini menuntut perubahan perilaku organisasi dalam menangani pekerjaannya, serta perubahan tentang cara seseorang melakukan suatu pekerjaan.

Dalam hal ini, kalangan bisnis lebih cepat beradaptasi dibandingkan dengan organisasi pemerintahan.

ICT pada Sektor Private

Sejak beberapa dekade yang lalu, penggunaan ICT sudáh dilakukan oleh kalangan bisnis, sebagai organisa private, dalam mendukung fungsi-fungsi bisnis ini tercermin pada berbagai aplikasi yang digu seperti aplikasi accounting, payroll, manajemen inform dan sebagainya.

Pada perkembangannya, kemudia organisasi pemerintahan mulai mengikuti kalangan bisnis dalam mengadopsi ICT untuk mengotomatisasi pekerjaan-pekerjaan mereka.

Gambar di atas memperlihatkan peranan penting penggunaan berbagai sistem berbasis ICT pada lingkup private sector. Dalam bidang manufaktur, ICT digunakan pada on-line sales catalog, electronic purchasing, web-based order entry, auto replenishment, supply chain integration, enterprise resource planning (ERP), dan electronic data interface (EDI).

Di dalam bidang telekomunikasi ICT digunakan pada electronic messaging, coporate web site, enterprise resource planning, customer dynamic, dan sebagainya. Sedangkan pada sektor finansial ICT digunakan pada banking application, corporate web site, web enabled transaction, workflow and imaging, electronic fund transfer, dan sebagainya nya.

Suka artikel ini?

1 komentar untuk “Peranan ICT pada Sektor Publik dan Private”

  1. Ping-kembali: Cara Membangun Interaksi dengan Masyarakat: e-Society

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + nineteen =