dalam Linux

Apa yang akan Anda lakukan jika informasi Anda yang paling pribadi tiba-tiba tersedia secara online, untuk dilihat siapa saja? Bayangkan saja: gambar, video, informasi keuangan, email … semua dapat diakses tanpa sepengetahuan Anda atau persetujuan siapa pun yang peduli untuk mencarinya.

Kita mungkin semua telah melihat berita muncul tentang berbagai selebriti dan tokoh politik yang kurang berhati-hati dari yang seharusnya dengan informasi yang tidak dimaksudkan untuk konsumsi publik. Tanpa pengawasan yang tepat atas informasi sensitif ini, informasi ini dapat tersedia bagi siapa saja yang memiliki koneksi Internet.

Menjaga informasi agar tetap aman dan terlindungi secara online merupakan keprihatinan yang berkembang bagi banyak orang, bukan hanya tokoh politik dan selebritas. Adalah cerdas untuk mempertimbangkan tindakan pencegahan privasi apa yang mungkin Anda miliki untuk informasi pribadi Anda: keuangan, hukum, dan pribadi. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima cara praktis Anda dapat mulai melindungi privasi Anda saat online untuk menjaga diri dari kemungkinan kebocoran, menghindari rasa malu, dan menjaga informasi Anda tetap aman dan terlindungi.

Buat Kata Sandi dan Nama Pengguna Unik untuk Setiap Layanan Online
Banyak orang menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama di semua layanan online mereka. Lagipula, ada begitu banyak, dan mungkin sulit untuk melacak login dan kata sandi yang berbeda untuk semuanya.

Baca juga : jasa seo semarang

Jika Anda mencari cara untuk menghasilkan dan melacak beberapa kata sandi aman, KeePass adalah pilihan yang baik, plus gratis: “KeePass adalah pengelola kata sandi open source gratis, yang membantu Anda mengelola kata sandi dengan cara yang aman.

Anda dapat meletakkan semua kata sandi Anda dalam satu basis data, yang dikunci dengan satu kunci master atau file kunci. Jadi, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama tunggal atau memilih file kunci untuk membuka kunci seluruh basis data. Basis data dienkripsi menggunakan yang terbaik dan algoritma enkripsi paling aman saat ini dikenal (AES dan Twofish).

Jangan Menganggap Layanan Menjaga Informasi Anda

Situs penyimpanan online seperti DropBox melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menjaga informasi Anda aman dan terjamin. Namun, jika Anda khawatir bahwa apa yang Anda unggah sangat sensitif, Anda harus mengenkripsi itu – layanan seperti BoxCryptor akan melakukannya untuk Anda secara gratis (tingkat harga bertingkat berlaku).

Hati-hati Berbagi Informasi Online

Kami diminta mengisi formulir atau masuk ke layanan baru setiap saat di Web. Untuk apa semua informasi ini digunakan? Perusahaan menghasilkan banyak uang menganalisis dan menggunakan data yang kami berikan secara bebas kepada mereka. Jika Anda ingin tetap sedikit lebih pribadi, Anda dapat menggunakan BugMeNot untuk menghindari mengisi formulir yang tidak perlu yang meminta terlalu banyak informasi pribadi dan menyimpannya untuk kegunaan lain.

Jangan Berikan Informasi Pribadi

Kita semua harus tahu sekarang bahwa memberikan informasi pribadi (nama, alamat, nomor telepon, dll.) Adalah online no-no besar. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa informasi yang mereka posting di forum dan papan pesan dan platform media sosial dapat disatukan satu per satu untuk membuat gambar yang sangat lengkap. Praktik ini disebut “doxxing”, dan menjadi lebih dari masalah, terutama karena banyak orang menggunakan nama pengguna yang sama di semua layanan online mereka. Untuk menghindari hal ini, berhati-hatilah dalam berapa banyak informasi yang Anda berikan, dan pastikan Anda tidak menggunakan nama pengguna yang sama di seluruh layanan (lihat paragraf pertama dalam artikel ini untuk ulasan cepat!).

Sering Keluar Situs

Inilah skenario yang terlalu sering terjadi: John memutuskan untuk beristirahat di tempat kerja, dan selama waktu itu, ia memutuskan untuk memeriksa saldo banknya. Dia terganggu dan meninggalkan halaman saldo bank di komputernya, meninggalkan informasi aman bagi siapa saja untuk dilihat dan digunakan. Hal semacam ini terjadi setiap saat: informasi keuangan, login media sosial, email, dll.

Semua dapat dikompromikan dengan sangat mudah. Praktik terbaik adalah memastikan Anda berada di komputer yang aman (bukan publik atau bekerja) ketika Anda melihat informasi pribadi, dan untuk logout dari situs apa pun yang mungkin Anda gunakan di komputer umum sehingga orang lain yang memiliki akses ke komputer itu tidak akan dapat mengakses informasi Anda.

Prioritaskan Privasi Online

Mari kita hadapi itu: sementara kami ingin berpikir bahwa semua orang yang kami temui memiliki kepentingan terbaik kami, sayangnya hal ini tidak selalu terjadi – dan terutama berlaku ketika kita sedang online. Gunakan tips dalam artikel ini untuk melindungi diri Anda dari kebocoran informasi pribadi Anda yang tidak diinginkan di web.

Tulis Komentar

Komentar