dalam Blog

Tempat Wisata di Garut – Pesona tempat wisata Garut terkenal dengan alamnya yang sangat indah dan menawan. Di Garut kita bisa menemukan destinasi wisata menarik dan menyenangkan. Untuk bisa sampai di kota Garut, Anda bisa menempuh perjalanan dari Bandung sejauh 60 km.

Mungkin banyak diantara Anda yang mengenal kota Garut sebagai kota yang memiliki oleh-oleh khas yakni dodol Garut, memang hal tersebut benar sekali, karena di Garut banyak memproduksi jenang atau dodol Garut tersebut dan Anda bisa membawa pulang sebagai buah tangan setelah berkunjung di tempat wisata Garut ini.

Selain terkenal dengan oleh-olehnya yang khas, Garut juga terkenal dengan kerajinannya, terutama untuk kerajinan kulit. kota Garut banyak memproduksi kerajinan yang berasal dari kulit, antara lain seperti dompet, sepatu, jaket dan lain sebagainya. Bahkan Garut menyandang kategori sebagai kota yang mamiliki kerajinan terbaik di Jawa Barat.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan kota Garut, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata populer di Kota Garut. Berikut ini ada setidaknya 7 tempat wisata Garut paling populer dan terkenal.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan kawasan pengunungan berapi yang masih aktif. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.622 m dpl dan memiliki kawah yang masih aktif. Tempat wisata Garut yang pertama ini memiliki pesona keindahan alam yang tidak ada duanya, di bagian sekitar kawahnya biasanya digunakan oleh wisatawan untuk berkemah.

Beberapa kegiatan bisa Anda lakukan di tempat wisata Gunung Papandayan ini, antara lain seperti hiking, trekking ataupun fotografi. Tempat wisata Garut satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai sebuah petualangan menjelahan hutan.

Gunung Papandayan terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut. Untuk menuju ke objek wisata ini, Anda bisa menempuh perjalanan melalui pusat Kota Garut dengan jarak sekitar 24 km. Disini juga terdapat kawasan Cagar Alam Garut yang diperuntukan kepada para peneliti flora dan fauna.

2. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan kawasan bangunan candi Hindu yang dibangun sejak kerajaan Sunda pertama kali di Garut. Kerajaan yang membangun Candi Cangkuang menurut sejarah adalah Kerajaan Galuh. Candi ini berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut.

Candi Cangkuang ini ditetapkan sebagai kawasan Cagar Budaya oleh pemerintah Kota Garut, pengambilan nama ‘Cangkuang’ sendiri berasal dari Desa Cangkuang tempat candi ini berdiri. Sedangkan desa tersebut mengambil nama Cangkuang juga berasal dari hal lain yakni pohon Cangkuang yang banyak tumbuh subur disekitar desa tersebut.

Di sini Anda bisa menemukan sebuah kemegahan dari beberapa bangunan candi peninggalan Kerajaan Galuh.

3. Pemandian Air Panas Cipanas Garut

Kawasan pemandian air panas di Cipanas Garut adalah salah satu tempat wisata Garut yang paling populer. Tempat wisata satu ini selalu ramai dengan kedatangan para pengunjung, terutama saat akhir pekan ataupun liburan sekolah tiba. Anda juga bisa menemukan banyak hotel, penginapan, restoran dan bahkan bungalow di sana.

Untuk menuju ke pemandian air panas di Cipanas Garut sangatlah mudah sekali. Lokasi tempat wisata di Garut paling populer ini hanya berjarak 6 km dari pusat Kota Garut, sehingga Anda bisa menuju ke sana hanya dalam waktu kurang dari 15 menit saja.

Air panas yang disediakan oleh pihak pemandian Cipanas sangatlah ideal, karena air panas ini memiliki suhu sekitar 37-46 derajat celcius. Dengan suhu tersebut Anda bisa merelaksasikan diri meningkatkan kebugaran dengan cara berendam selama beberapa menit saja.

4. Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah sebuah kawasan danau yang dikelilingi dengan areal persawahan dan lingkungan penduduk dengan latar belakang kawasan pegunungan yang sangat indah dan mempesona. Di tempat wisata Garut satu ini Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik, mulai dari menaiki rakit yang terbuat dari bambu, bersepeda air, canoe, memancing hingga jet ski.

Panorama alamnya yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit. Tak ayal Situ Bagendit menjadi tempat wisata alam populer di Kota Garut yang banyak dijadikan sebagai destinasi wisata oleh anggota keluarga.

Di tempat wisata Situ Bagendit, Anda juga bisa menemukan berbagai macam fasilitas publik yang sangat lengkap. Sehingga saat Anda di sana akan merasa sangat menyenangkan. Untuk bisa menuju ke objek wisata Situ Bagendit, Anda bisa menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Garut dengan jarak tempuh sekitar 13 km.

5. Kawah Putih Telaga Bodas

Jika Anda ingin mencari sebuah tempat wisata alam yang menakjubkan di Garut, maka Anda dapat mengunjungi objek wisata alam Kawah Putih Telaga Bodas. Talaga Bodas sediri jika kita terjemahkan mengandung artian sebagai sebuah danau putih.

Di tempat wisata Telaga Bodas, Anda bisa mendapatkan udara yang sangat segar sekali, terutama saat pagi hari. Serta Anda juga bisa menyaksikan perbukitan hijau yang sangat indah dan mempesona. Sebenarnya pemandangan danau di Talaga Bodas hampir sama

dengan kawah putih Ciwidey.

Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dengan cara berendam di bak air panas yang telah disediakan. Kandungan belerang yang lumayan tinggi akan memperlancar peredaran darah Anda. sehingga tubuh Anda akan jauh lebih bugar dan sehat dari sebelumnya.

6. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk adalah sebuah karunia alam yang sangat menarik. Sungai Cimanuk menjadi salah satu tempat wisata menarik di Garut yang bisa Anda jadikan pilihan, terutama bagi Anda yang menyukai olahraga arung jeram.

Karakteristik yang terdapat pada Sungai Cimanuk sangatlah ideal untuk bermain arung jeram atau raftling. Dengan batu-batuan cadas yang tertata secara acak dan arus yang lumayan deras, akan membuat jantung Anda berpacu lebih kencang.

Tidak hanya memiliki arus yang ideal saja, akan tetapi di tempat wisata Arung Jeram Sungai Ciamanuk ini, Anda bisa menemukan berbagai macam pesona keindahan alam, mulai dari tebing-tebing indah, hutan bambu dan lain sebagainya. Anda dapat menikmati pesona keindahan alam tersebut sambil melakukan kegiatan raftling.

7. Pantai Santolo

Tempat wisata populer di Kota Garut yang terakhir adalah Pantai Santolo. Di sini Anda bisa menemukan keindahan dari sebuah pantai, mulai dari pantainya yang bersih, pasir putih dan beberapa perahu nelayan, seakan menghiasi indahnya tempat wisata Garut satu ini.

Untuk menuju ke Pantai Santolo Anda bisa menempuh perjalanan selama sekitar 3.5 jam dari pusat Kota Garut, karena memang jarak dari pusat Kota Garut ke Pantai Santolo lumayan jauh yakni sejauh 88 km.

Itulah 7 tempat wisata paling populer di Garut yang bisa Anda jadikan tujuan wisata menarik dan menyenangkan bersama dengan keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.

Tulis Komentar

Komentar