dalam Wisata

Tempat Wisata di Lombok – Lombok merupakan kawasan di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik, terutama untuk wisata alam Lombok sangat juaranya. Lombok tidak hanya terkenal di kawasan Indonesia saja, akan tetapi tempat wisata Lombok juga terkenal hingga ke mancanegara, hal tersebut terlihat dari banyaknya wisatawan asing yang datang ke Lombok.

Ada banyak sekali tujuan tempat wisata menarik yang terdapat di Lombok, nah jika Anda saat ini berencana untuk berlibur, mungkin bulan depan ataupun tahun depan. Anda bisa berlibur ke Lombok. Mana saja tempat wisata Lombok yang paling menarik dan menawan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, berikut kami sajikan 6 tempat wisata di Lombok yang paling menawan dan wajib untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Kuta Lombok

Mungkin Anda mengira bahwa tempat wisata satu ini sama dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, akan tetapi sebenarnya Pantai Kuta Lombok berbeda dengan Bali. Mungkin hanya pengambilan namanya saja yang sama. Di Pantai Kuta Lombok Anda bisa menemukan berbagai macam keindahan pantai, mulai dari pantai yang bersih, udara sejuk dan bahkan di Pantai Kuta Lombok Anda bisa menikmati pantai berpasir putih yang sangat bersih.

Jangan heran jika Anda berkunjung kesini tidak banyak para wisatawan, karena memang disini masih sangat asri dan belum tercemar oleh tangan-tangan manusia.

Secara geografis kawasan Pantai Kuta Lombok dikelilingi dengan kawasan perbukitan. Namun secara administratif kawasan Pantai Kuta Lombok berada di Desa Kuta. Lokasi dari tempat wisata Pantai Kuta Lombok tidaklah terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Kuta Lombok, Anda dapat melewati rute Senggagi yang kira-kira memerlukan waktu sekitar 1.5 jam saja. jika melalui rute ini Anda akan melewati Mataram.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah tempat wisata terkenal dan populer di Lombok. Di Pantai Seggigi ini Anda bisa menemukan banyak sekali turis mancanegara yang sedang berwisata atau berlibur, karena memang disini merupakan kawasan favorit para pelancong luar negeri. Pantai Senggigi menjelma menjadi sebuah tempat wisata yang menakjubkan di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang sangat panjang. Sungguh sangat menawan apabila kita pandang pada kejauhan ataupun pada daerah ketinggian.

Dengan garis pantai yang sangat tegas, Pantai Senggigi menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan gradasi warna air laut yang sangat menawan mulai dari hitam ke putih. Pantai Senggigi juga tidak memiliki ombak besar, selain itu pantai ini juga memiliki air laut yang sangat jernih dan bersih, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai wahana bermain air ataupun berenang. hal inilah yang membuat para turis sangat senang datang ke Pantai Senggigi, biasanya disini turis akan melakukan beberapa aktivitas, seperti berjemur, snorkling, ataupun hanya sekedar bermain air di bibir pantai saja.

3. Desert Point (Bangko-bangko) Lombok

Desert Point merupakan kawasan tempat wisata yang sangat cocok bagi Anda yang suka berselencar. Karena di kawasan Desert Point terdapat sebuah pantai yang menawarkan ombak besar. bahkan Desert Point masuk kedalam kawasan pantai dengan ombak terganas di dunia. akan tetapi perlu diingat, karena ombaknya terlalu besar maka sangat disarankan bagi Anda yang masih dalam kategori selancar pemula untuk tidak mencoba berselancar.

Kawasan Desert Point ini sering disebut oleh warga sekitar dengan Bangko-Bangko. Untuk bisa mencapai Desert Point Anda bisa memulai perjalanan dengan menggunakan kapal Ferry dari Bali untuk menuju pelabuhan Lembar Lombok. Karena berlokasi di Barat Daya Pesisir Lombok, maka Anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam, Anda bisa menyewa mobil agar mencapai kawasan Desert Point dengan cepat. Setelah sampai disana Anda bisa istirahat di beberapa tempat penginapan sederhana yang telah disediakan oleh para penduduk lokal.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Lombok. Kawasan Gunung Rinjani sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai sebuah taman nasional dimana di dalamnya terdapat berbagai macam ekositem dan hutan hujan yang sangat indah. Luas area Gunung Rinjani ini sebesar 40 ribu hektar. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter dpl yang terletak di Pulau Lombok Utara. Karena Gunung Rinjani memiliki ketinggian sebasar itu, gunung berapi ini tergolong paling tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci.

Gunung Rinjani memiliki pamandangan yang sangat indah, serta terdapat sebuah kawah yang sangat luas. Kawah tersebut diberi nama dengan Segara Anak. Menurut mitos yang beredar di masyarakat setempat, bagi siapa saja yang melihat kawah tersebut dengan kesan luas, maka dia akan berumur panjang, sedangkan apabila orang tersebut melihat kawah itu sempit, maka umurnya akan pendek. Oleh sebab itu sebelum melihat kawah ini bersihkan hati dan pikiran Anda terlebih dahulu.

5. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan

Ketiga pulai Gili ini merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Lombok. Disana terdapat sebuah pamandangan yang sangat eksotis dengan pasir pantai bersih, terumbu karang yang masih terjaga dan lain sebagainya. Untuk bisa sampai pada ketiga pulai Gili ini Anda memerlukan waktu selama 30 menit dari daratan Lombok. Ketiga Pulau Gili tersebut memiliki berbagai macam fasilitas hiburan yang sangat lengkap, mulai dari diskotik, tempat belanja, cafe dan lain sebagainya.

Namun ketiga Pulau Gili di atas memiliki karakteristik yang berbeda, untuk Pulau Gili Air yang berada dekat dengan dataran Lombok, kawasan ini sangat cocok untuk wisata keluarga. sedangkan untuk Gili Meno yang terletak di tengah-tengan antara Gili Air dan Trawangan sangat cocok bagi Anda yang ingin relaks atau tenang. Untuk Pulau Gili Trawangan yang berada paling jauh dari dataran Lombok, kawasan ini cocok bagi Anda anak muda yang menyukai pesta, karena setiap malam di Pulau Gili Trawangan ada sebuah acara musikal.

6. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak sebenarnya memiliki keindahan yang hampir sama dengan Pantai Senggigi. Seperti gradasi warna air laut dari putih ke hitam yang sangat sempurna, air laut yang sangat jernih, pantainya yang bersih dan lain sebagainya. Namun yang paling menarik di Selong Beranak adalah pasir pantainya yang sangat halus, walaupun sangat halus pasir pantai tersebut bisa mengeras jika terkena ombak, hal inilah yang membuat tempat wisata Lombok satu ini menjadi paling favorit.

Tulis Komentar

Komentar