dalam Ideas

Jaman sekarang ini nggak cuma pintar aja yang dibutuhin, tapi cerdik juga harus. Di mana-mana pintar aja nggak cukup buat memenangkan kompetisi, butuh strategi, termasuk waktu kalian mau nagih hutang. Meski itu hak kalian buat nagih, tapi juga butuh strategi biar si pengutang mau bayar. Karena pengutang itu cerdik, mereka punya trik sendiri buat ngulur-ngulur waktu biar mereka nggak bayar utang.

Nah, maka dari itu, kalau kalian mau nagih utang, jangan pernah pakai cara ini biar aman:

Chat Terang-Terangan di Whatsapp

Kebanyakan orang kalau nagih utang langsung terang-terangan via aplikasi chat, misalnya Whatsapp. Biasanya gini, “Eh, bayar utang dong..”, harusnya jangan gitu. Kalau nagihnya gitu, tau apa yang bakalan terjadi?

Yak betul. Sampai Bogor jadi Negara kecil juga nggak akan dibaca. Karena apa? Iya, si pengutang bisa baca pesannya tanpa harus ngebuka. Jadi begitu buka Whatsapp-nya, dan ngeliat pesan awalnya “Bayar utang” dia langsung tau maksudnya apa.

Kalau mau, pesannya gini, “Eh tau nggak tau nggak tau nggak, ada diskon 50 %…. eh bayar utang nyet!” gitu. Jadi pas dia baca awalnya dia kira ngasih tau, pas buka, taunya nagih.

Basa-Basi Secukupnya

Basa-basi boleh, tapi jangan kelewatan. Misalnya, pas kalian ketemuan dan si dia mau bayar, kalian basa-basinya malah bahas masa lalu. “Heeeei, tau gak, mantan lu itu, udah nikah lhoh!”

Nah, kalau dia jantungan atau stress mendadak gimana? Ya nggak jadi bayar…

Nagih di Depan Umum

Jangan juga nagih di depan umum. Teriak-teriak gitu dari jauh, “Woy! Bayar hutang!” jangan. Nanti  orang-orang mengira kalau kamu orang yang perhitungan dan nggak sabaran, sama temen sendiri aja nagih.

Nanti kamu sendiri yang diomongin sama yang denger. Nagih utang itu harus halus!

Marah-Marah

Resiko ngutangin temen itu di antara uangnya balik, atau hubungan pertemanan kalian yang rusak. Nah, maka dari itu, kalau nagih utang jangan sampai marah-marah. Karena hal ini jelas-jelas akan merusak pertemanan kalian karena temenmu pasti akan tersinggung.

Nagih utang itu harus kalem..

Nagih ke Keluarganya

Jangan juga nagih ke keluarganya, karena keluarganya bisa aja nggak tau masalahnya. Hal ini malah bikin kamu diusir dari rumahnya dikira orang gila.

Apalagi kalau sampai kalian nagih ke keluarganya, tapi keluarganya yang udah meninggal. Wah, ribet itu.

Jadi guys, mau nagih utang juga harus mikirin strateginya yap! Jangan ngelakuin hal yang di atas, oke?

Tulis Komentar

Komentar