dalam Sekolah

Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara?

Jawab: Perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara sangat lah penting karena perdamaian dunia akan menimbulkan stabilitas dalam sebuah negara. Dengan terciptanya stabilitas, para pelaku ekonomi dan segenap komponen bangsa dapat dengan aman, nyaman dan tenang melakukan kegiatan yang pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan negara tersebut dalam berbagai sisi.

Sebagai contoh, sebuah perdagangan dengan negara lain. Jika negara pengekspor bermusuhan atau memiliki masalah dengan negara pengimpor maka hubungan dagang akan terputus.

Untuk mewujudkan hubungan internasional yang baik hingga terciptanya perdamaian dunia, maka diperlukan beberapa tahap-tahapan dan cara yang dapat dilakukan oleh suatu negara untuk terwujud.

Misalnya pada negara kita sendiri, Indonesia. Sebagai negara yang berkembang Indonesia memerlukan jaringan yang kuat dalam rangka untuk memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional. Untuk itu Indonesia harus mampu menjalin hubungan dengan negara-negara lain. Melalui hubungan internasional, Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia, terutama dalam bidang sosial budaya, pertahanan dan ekonomi.

Dengan terciptanya perdamaian dunia akan berdampak positif bagi suatu negara. Karena hanya dalam keadaan damai sebuah negara dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan untuk menunjang kemakmuran rakyatnya.

Kesimpulannya adalah perdamaian dunia memiliki arti dan pengaruh yang sangat besar bagi sebuah negara karena dapat meningkatkan kemakmuran suatu bangsa dan negara, mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keselamatan sebuah negara, serta dapat meningkatkan persaudaraan antar segala lini bangsa.

Tulis Komentar

Komentar