dalam Berkebun, Kesehatan

Lettuce atau Sayur Letus adalah sejenis selada yang memiliki bentuk dan ukuran mirip dengan sayur kol. Lettuce memiliki banyak jenis dan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Sayur letus yang biasa kita jumpai sebagai lalapan, isisan burger hingga makanan sehat “salad” dapat kita temui dengan mudah mulai dari pasar tradisional, swalayan  hingga supermarket.

Jenis Sayur Letus

Butterhead Lettuce

gambar sayur letus

Letus ini memiliki daun empuk, dengan kepala setengah mekar yang kompak di tengah, berdaun longgar di sisi luar.
Daun-daun yang longgar berbentuk seperti jepit.

Daun di bagian tengahnya sangat lunak, yang memiliki tekstur mirip “mentega”, dan daunnya memiliki rasa yang lebih lembut daripada daun selada.

Butterhead Lettuce memiliki banyak varietas seperti Bibb, Buttercrunch, Boston, dll. Beberapa memiliki daun yang lebih lunak dan memiliki daun yang lebih renyah.

Daun sebagian besar letus jenis butterhead berwarna hijau, tetapi ada varietas (seperti Sangria) yang memiliki daun merah atau perunggu.

Romaine Lettuce

gambar Romaine Lettuce

Romaine Lettuce tumbuh setinggi 8 hingga 9 inci (20 hingga 23 cm), dengan daun panjang, hijau, dan segar yang membulat di ujungnya. Daun di dalamnya pucat dengan tulang daun kekuningan dan memliki rasa manis.

Romaine memiliki crunch dari Iceberg Lettuce, tetapi dengan lebih banyak rasa. Renyahnya berasal dari tulang daun.

Tips Saat membeli, pilih tandan dengan daun tegas yang rapat.

Varietas Romaine termasuk Darkland, Medali, Romulus dan Signal.

sayur Romaine paling paling populer dimasak menjadi salad Caesar

Baca juga:
Penyebab Gigi Sensitif Yang Sering Diabaikan

Iceberg lettuce

Iceberg lettuce

Iceberg lettuce memiliki gulungan daun yang kuat, rapat, dan berwarna hijau pucat. Daunnya memiliki kelembapan yang dingin di dalamnya; beberapa orang mengatakan lebih banyak kelembaban daripada rasa, Iceberg lettuce memiliki rasa yang sangat ringan.

Iceberg lettuce lebih cenderung mengutamakan kerenyahan dan tekstur, bukan rasa yang eksotis. Tidak ada letus lain di burger selain Iceberg lettuce untuk menghasilkan rasa segar yang memuaskan. Tidak ada daun letus lain yang cukup kokoh untuk digunakan sebagai “mangkuk” untuk menyajikan makanan.

Iceberg lettuce adalah satu-satunya varietas letus yang tidak memiliki varietas merah. Varietas ini dapat ditanam sepanjang tahun.

Batavia Lettuce

Batavia Lettuce

Batavia Lettuce digolongkan sebagai selada daun lebar, atau selada semi-pos. Dalam cuaca panas, selada sangat lambat untuk tumbuh, dan daunnya yang segar seperti Romaine mempertahankan kerenyahannya bahkan dalam kondisi pertumbuhan yang panas.

Batavia Lettuce adalah salah satu favorit di Prancis, karena rasanya dan umur simpan yang baik setelah panen.

Varietas ini termasuk Blonde de Paris, Dorée de Printemps, Gloire du Dauphiné, Laura, Nevada, Pasquier, Pierre Bénite, Polonaise, Reine des Glaces, Rouge Grenobloise, Rustica dan Sierra.

Dari daftar di atas, Blonde de Paris, Dorée de Printemps, Nevada, Pierre Bénite, dan Reine des Glaces adalah varietas hijau.

Batavia Lettuce membutuhkan sekitar 50 hari dari masa tanam untk bisa dipanen.

Coral Lettuce

Coral Lettuce

Coral Lettuce adalah selada dengan daun yang longgar tetapi tidak berotot. Ukurannya kecil, lebarnya hanya 10 cm, dengan daun keriting dan bergerigi.

Tekstur daun menangkap dan menahan sinar matahari dengan baik.

Coral Lettuce memiliki rasa ringan dengan sedikit rasa pahit.

Coral Lettuce memiliki varietas hijau, keunguan dan varietas merah.

Baca juga:
Cabut Gigi: Lempar ke Genteng, Kubur di Tanah?

Lollo Rosso Lettuce

Lollo Rosso Lettuce

Lollo Rosso adalah selada daun lebar, dengan sedikit rasa pahit daripada selada lainnya, tetapi tanpa bau pahit seperti selada frisée, sawi putih atau endive.

Memiliki daun yang lembut dan acak-acakan yang berwarna hijau sedang dengan warna merah tua pada tepi.

Lollo Rosso tumbuh selebar 15 hingga 20 cm, dan menyerap panas dengan baik. Ini adalah salah satu jenis selada “potong dan tumbuh laagi” ini artinya Lollo Rosso dapat dipanen beberapakali. Dibutuhkan 55 hari dari masa tanam hingga siap untuk dipanen.

Kandungan Gizi Letus

Romaine Lettuce memiliki salah satu nilai gizi tertinggi dalam kategori letus. Kebanyakan orang akrab dengan sebagian besar jenis letus tetapi dari mereka semua, Iceberg lettuce memiliki kandungan nutrisi paling sedikit.

Gizi Romaine lettuce paling Unggul

Membandingkan dari berbagai varian, Romaine lettuce memiliki:

  • Lebih sedikit gula dan natrium
  • Dua kali lipat protein
  • Kalsium dua kali lipat
  • Vitamin K tiga kali lipat
  • Empat kali zat besi
  • Delapan kali lipat Vitamin C
  • Tujuh belas kali lipat Vitamin A (Data gizi berasal dari USDA SR-21)

Manfaat Lettuce untuk Kesehatan

  1. Kalori dalam Letus Rendah dan Hampir Tanpa Lemak

    Letus hanya memiliki 12 kalori per 1 cangkir. Inilah sebabnya mengapa sangat baik untuk menurunkan berat badan.

  2. Tinggi Serat dan Selulosa

    Alasan lain yang baik untuk menurunkan berat badan.Serat ini juga membantu menghilangkan kandungan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, kolesterol akan rusak. Inilah sebabnya mengapa Letus juga baik untuk jantungmu!

  3. Letus Sehat untuk Jantung

    Vitamin C dan beta-karoten letus bekerja sama untuk mencegah oksidasi kolesterol. Ini mencegah penumpukan plak di pembulu darah.

  4. Asam lemak omega-3

    Romaine Lettuce memiliki 2/1 rasio asam lemak omega-3 sampai omega-6. Rasio yang bagus.Kalori dalam Letus tidak signifikan karena ada sedikit lemak. 

  5. Protein Lengkap

    Romaine Lettuce memiliki 20% kalori dalam protein.Seperti semua makanan utuh, banyak protein dalam letus lengkap tetapi jumlah itu dapat ditingkatkan dengan menggabungkan dengan menyeimbangkan protein.

  6. Membantu penderita Insomnia

    Getah putih yang kamu lihat saat kamu mematahkan atau memotong daun letus disebut laktucarium.Lactucarium memiliki sifat relaksasi dan tidur yang mirip dengan opium tetapi tanpa efek samping yang kuat. Cukup makan beberapa helai daun atau minum jus letus.

  7. Letus adalah Pembentuk Basa

    Mineral dalam Letus membantu menghilangkan racun dan menjaga keseimbangan asam / basa Anda. Setelah Anda seimbang pada level ini ada sejumlah manfaat termasuk energi yang lebih besar, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak, dan kulit awet muda.

  8. Indeks Glikemik Rendah

    Letus memiliki indeks glikemik rata-rata 15 tetapi karena memiliki sedikit kalori, muatan glikemiknya dianggap nol.Bagi siapa pun yang memiliki gula darah tinggi, ini sangat bagus. Indeks glikemik rendah juga bagus dalam manajemen berat badan.

Baca juga:
Listrik Alternatif dari Blimbing Wuluh

Fakta dan Sejarah Menarik:

  • Letus adalah bagian dari keluarga bunga aster dan thistle !
  • Letus disajikan di atas meja raja-raja Persia – abad ke-6 SM
  • Letus dimanfaatkan oleh orang-orang Yunani dan Romawi untuk makanan dasar dan obat-obatan (induksi tidur)
  • Kaisar Caesar Augustus membangun sebuah patung yang memuji Letus karena dia percaya memakannya telah menyembuhkannya dari penyakit!
  • Orang Cina menganggap Letus membawa keberuntungan dan mereka memakannya pada acara-acara khusus.
  • Letus diperkenalkan ke Amerika Utara oleh Christopher Columbus.
  • Letus liar tumbuh di seluruh dunia.

Tulis Komentar

Komentar