dalam Kesehatan

Tongkol, tuna, sardin, kakap, hingga salmon adalah jenis ikan yang dapat menimbulkan energi. Susu dan telurpun termasuk makanan pemicu alergi juga.

Gejala alergi terhadap ikan bisa dilihat dari timbulnya ruam kemerahan, bengkak di wajah atau di tangan, perut kembung, mual hingga asma. Hal tersebut dikarenakan protein yang terdapat di dalam ikan atau parvalbumin yang menjadi penyebab timbulnya alergi itu.

Akibatnya, banyak orang yang lebih memilih tidak mengkonsumsi ikan padahal kandungan vitamin A, B, E, Niasin, Omega 3 dan mineralnya sangat tinggi.

Untuk menggantinya dapat diganti  kacang polong, tempe, tahu, daging, dan unggas. Terkadang, tanpa sadar makanan yang di makan itu mengandung ikan. Akibatnya, tanda-tanda alergi pun muncul.

Jika sudah terjadi seperti itu tidak perlu panik. Ketahui terlebih dahulu apakah kadarnya ringan atau berat. Jika ringan, cukup minum obat antihistamin dan mengompres bagian-bagian yang ruam dengan air dingin.

Kalau perut terasa mual segera minum jus lemon yang dicampur dengan jahe. Jika kadar alerginya cukup berat, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan  lebih lanjut.

Tulis Komentar

Komentar