Kandungan Gizi Sirsak

dalam Kesehatan

Kandungan Gizi Sirsak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dengan bentuk tidak biasa yang kelihatan seperti buah stroberi yang bersilangan dengan apel dan tumbuh duri, buah sirsak adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan, dan memiliki rasa manis yang tumbuh populer di daerah beriklim tropis. Sebagai anggota keluarga apel custard, buah ini berasal dari Annona muricata broadleaf evergreen dan terkenal dengan manfaat kesehatannya, yang meliputi mengurangi peradangan, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan masalah perut.

Sirsak mengandung profil rasa yang menyegarkan dan rasanya seperti kombinasi stroberi, nanas , dan buah jeruk. Sirsak juga bisa tumbuh cukup besar, hingga memiliki panjang satu kaki.

Kandungan Gizi Sirsak

Gizi Sirsak
Ukuran Porsi 1 gelas (225 g)
Per Sajian% Nilai Harian *
Kalori 148 
Kalori dari Lemak 4 
Total Lemak 0,7g1%
Lemak jenuh 0,1 g1%
Lemak tak jenuh ganda 0.2g 
Lemak tak jenuh tunggal 0.2g 
Kolesterol 0mg0%
Sodium 0,1 mg0%
Kalium 422.44mg12%
Karbohidrat 37.9g9%
Serat Makanan 7.4g12%
Gula 30,5g 
Protein 2.3g 
Vitamin A 0% · Vitamin C 77%
Kalsium 3% · Besi 8%

Karbohidrat di Sirsak

Anda akan menemukan banyak karbohidrat dalam sirsak, hampir 38 gram per cangkir. The Dietary Guidelines USDA menyatakan bahwa Anda harus mengkonsumsi sekitar 45 sampai 65 persen dari kalori harian Anda dari karbohidrat, yang merupakan setara dengan sekitar 130 gram. Ini membuat satu porsi sirsak sekitar 25 persen dari batas karbohidrat harian Anda.

Karbohidrat dalam sirsak, bagaimanapun, berasal dari sumber buah alami dan bukan dari sumber yang tidak sehat seperti makanan olahan yangmenawarkan sedikit nilai gizi.

Lemak di Sirsak

Meskipun kandungan gula sirsak tinggi, buah ini tetap rendah lemak dan juga menjaga rasio lemak baik dan buruk dua banding satu.

Anda akan menemukan dua kali lipat  lemak tak jenuh menjadi lemak jenuh. Untuk menambahkan lebih banyak lemak sehat ke dalam diet Anda, Anda harus memasukkan makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon, herring, dan trout.

Protein dalam Sirsak

Sirsak hanya mengandung 2,3 gram protein per sajian. Pedoman Diet USDA saat ini menyatakan bahwa pria dan wanita dewasa harus makan sekitar 10 hingga 35 persen dari total kalori mereka dari protein setiap hari. Untuk mendapatkan jumlah yang dibutuhkan, memasukkan protein seperti salmon, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan akan membantu Anda mencapai rekomendasi harian.

Bahan gizi mikro di Sirsak

Sirsak mengandung cukup banyak gula, hingga 30,5 gram per sajian. (Anda bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi ini sebagai makanan penutup.) Tetapi, buah itu memang dikemas dengan makronutrien, seperti 77 persen dari dosis vitamin C harian Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dosis serat yang kuat untuk pencernaan yang sehat, seperti serta lebih dari 400 gram kalium untuk pengaturan tekanan darah dan pemulihan olahraga yang cepat.

Manfaatnya untuk Kesehatan

Sirsak, bahan yang digunakan dalam makanan penutup di seluruh Amerika, juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, yang meliputi:

Pencegahan Kanker

Sebuah studi baru – baru ini mendukung bahwa teh yang terbuat dari daun sirsak, memiliki potensi terapeutik untuk memerangi kanker dan penyakit non-ganas lainnya.

Namun, data dari manusia tidak cukup mendukung klaim ini. Para ahli dari  Pusat Perawatan Kanker Amerika memperingatkan agar tidak menggunakan sirsak sebagai obat pelawan kanker, dan mereka mencatat bahwa sirsak dikaitkan dengan banyak klaim yang tidak berdasar.

Kesehatan pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, sirsak dapat membantu pencernaan dengan baik. Jus buah ni juga dapat bertindak sebagai diuretik dan membersihkan saluran pencernaan dengan menghilangkan kelebihan natrium dari tubuh.

Peradangan

Dengan senyawa anti-inflamasi, sirsak dapat mengurangi rasa sakit di perut dan usus besar, dan juga membantu membersihkan tubuh dari parasit jahat.

Infeksi

Teh sirsak sering digunakan untuk mengobati infeksi (baik bakteri maupun virus) yang menyebabkan gejala seperti pilek, batuk, demam, dan bersin. Selain itu, beberapa orang menggunakannya untuk mengobati penyakit menular seksual seperti herpes. Namun, tidak cukup bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.  

Alergi dan Interaksi

Menurut  Memorial Sloan Kettering Cancer Center, Anda harus menghindari mengkonsumsi sirsak jika:

  • Anda penderita diabetes.
  • Anda sedang minum obat tekanan darah.
  • Anda menggunakan obat untuk mengurangi hipertensi, karena sirsak terbukti memiliki efek aditif ketika diminum dengan obat untuk masalah kesehatan ini.
  • Anda memiliki penyakit hati.
  • Anda memiliki penyakit ginjal.
  • Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah.

Memorial Sloan Kettering Cancer Centre juga menyatakan bahwa hewan laboratorium menunjukkan bahwa senyawa dalam buah sirsak menyebabkan gangguan gerakan dannyeri neuropati, penyakit dengan gejala yang mirip dengan Penyakit Parkinson. 

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar