kecepatan jaringan

dalam Gadged, Linux, Windows

Semua yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kecepatan Jaringan

5/5 (2)

Bersama dengan fungsionalitas dan keandalan dasar, kinerja jaringan komputer menentukan kegunaannya secara keseluruhan. Kecepatan jaringan melibatkan kombinasi faktor yang saling terkait.

Apa itu Kecepatan Jaringan?

Pengguna jelas ingin jaringan mereka berjalan cepat di semua situasi. Dalam beberapa kasus, penundaan jaringan dapat berlangsung hanya beberapa milidetik dan memiliki dampak yang dapat diabaikan pada apa yang dilakukan pengguna.

Dalam kasus lain, keterlambatan jaringan dapat menyebabkan perlambatan parah bagi pengguna. Skenario khas yang sangat sensitif terhadap masalah kecepatan jaringan termasuk

  1. waktu untuk membuat koneksi baru
  2. waktu untuk memuat halaman Web
  3. waktu untuk mengunduh aplikasi, patch sistem operasi, atau file lainnya
  4. kemampuan untuk melakukan streaming konten video untuk waktu yang lama tanpa gangguan

Peran Bandwidth dalam Kinerja Jaringan

Bandwidth adalah faktor kunci dalam menentukan kecepatan jaringan komputer. Hampir semua orang tahu peringkat bandwidth router jaringan mereka dan layanan Internet mereka, angka-angka yang menonjol ditampilkan dalam iklan produk

Bandwidth dalam jaringan komputer mengacu pada kecepatan data yang didukung oleh koneksi jaringan atau antarmuka. Ini mewakili keseluruhan kapasitas koneksi. Semakin besar kapasitas, semakin besar kemungkinan hasil yang lebih baik.

Bandwidth mengacu pada peringkat teoritis dan throughput aktual, dan penting untuk membedakan keduanya. Misalnya, koneksi Wi-Fi 802.11g standar menawarkan bandwidth terukur 54 Mbps tetapi dalam praktiknya hanya mencapai 50% atau kurang dari jumlah ini dalam throughput aktual.

Jaringan Ethernet tradisional yang secara teoritis mendukung 100 Mbps atau 1000 Mbps bandwidth maksimum, tetapi jumlah maksimum ini juga tidak dapat dicapai.

Jaringan seluler (seluler) umumnya tidak mengklaim peringkat bandwidth spesifik siapa pun, tetapi prinsip yang sama berlaku. Overhead komunikasi dalam perangkat keras komputer, protokol jaringan, dan sistem operasi mendorong perbedaan antara bandwidth teoretis dan throughput aktual.

Mengukur Bandwidth Jaringan

Bandwidth adalah jumlah data yang melewati koneksi jaringan dari waktu ke waktu sebagaimana diukur dalam bit per detik (bps). Ada banyak alat untuk administrator untuk mengukur bandwidth koneksi jaringan. Pada LAN (jaringan area lokal), alat-alat ini termasuk netperf dan ttcp.

Di Internet, banyak bandwidth dan program tes kecepatan ada, sebagian besar tersedia untuk penggunaan online gratis.

Bahkan dengan alat-alat ini yang Anda inginkan, pemanfaatan bandwidth sulit untuk diukur secara tepat karena bervariasi dari waktu ke waktu tergantung pada konfigurasi perangkat keras ditambah karakteristik aplikasi perangkat lunak termasuk bagaimana mereka digunakan.

Tentang Kecepatan Broadband

Istilah bandwidth tinggi kadang-kadang digunakan untuk membedakan koneksi Internet broadband yang lebih cepat dari dial-up tradisional atau kecepatan jaringan seluler.

Definisi bandwidth “tinggi” versus “rendah” bervariasi dan telah direvisi selama bertahun-tahun seiring dengan meningkatnya teknologi jaringan.

Pada 2015, Federal Communications Commission (FCC) A.S. memperbarui definisi broadband mereka menjadi koneksi yang diberi peringkat minimal 25 Mbps untuk unduhan dan setidaknya 3 Mbps untuk unggahan.

Baca juga : jasa seo demak

Angka-angka ini mencerminkan peningkatan tajam dari minimum FCC sebelumnya yaitu 4 Mbps ke atas dan 1 Mbps ke bawah. (Bertahun-tahun yang lalu, FCC menetapkan minimum pada 0,3 Mbps).

Bandwidth bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap kecepatan yang dirasakan jaringan. Elemen yang kurang diketahui dari kinerja jaringan – latensi – juga memainkan peran penting.

Suka artikel ini?

Tulis Komentar

Komentar