dalam Kesehatan

Batu ginjal adalah batuan keras yang terbentuk di ginjal atau ureter. Batu ginjal terbentuk akibat endapan asam dan garam dari urin. Penyakit ini bisa mengakibatkan rasa sakit yang sangat istimewa di ureter ( saluran yang menghubungkan ginjal dan kandungan kemih ).

Penyakit ini disebabkan saat urin tidak bisa mencairkan mineral seperti oksalat, asam urat dan kalsium yang kemudian menjadi kristal. Kristal ini kemudian lambat laun akan membentuk menjadi batu ginjal.

Penyakit ini tidak terdeteksi hingga si penderita merasakan rasa sakit yang luar biasa di perut atau punggung. Rasa sakit ini kemudian menyebar ke daerah pangkal paha sampai betis. Selain gejala tersebut, ditemukan darah di dalam urin. Lalu Anda akan merasa mual atau muntah dan datangnya rasa seperti terbakar saat buang air kecil.

Jika Anda menderita penyakit ini, ada beberapa cara untuk penyembuhannya itu semua tergantung dari ukuran batu ginjal Anda. Batu ginjal kecil yang berukuran sekitar kurang lebih 5 mm bisa dikeluarkan secara lami melalui urin. Dokter akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi air sebanyak- banyaknya, supaya batu ini bisa muncul.

Baca juga: Mendeteksi Gejala Penyakit Lewat Warna Urine

Akan tetapi jika batu ini berukuran sekitar 10 mm, maka dokter akan memberikan resep beberapa obat-obatan untuk memecah batuan ini sehingga gampang dikeluarkan melalui urin.

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diabaikan, akan tetapi bisa menjadi sauatu hal yang sangat menyakitkan jika sudah mencapai stadium yang serius.

Tulis Komentar

Komentar