dalam Beauty

Cara Membentuk Alis – Mulai tahun 2016 lalu, tren make-up lebih difokuskan ke alis. Ini menyebabkan banyaknya perempuan menghabiskan waktu lebih lama untuk berdandan karena mereka harus menggambar alis, bukan menggambar masa depan. Sebenarnya tren ini adalah tren yang cukup  bagus, sebab membuat perempuan-perempuan lebih peduli pada penampilannya dan mau mencoba berdandan.

Tapi… Ada juga nih jeleknya. Banyak yang nggak paham gimana cara menggambar alis yang benar atau gimana memilih pensil alis yang tepat. Hasilnya? Ada yang ketebelan, nggak simetris, bahkan bentuknya kotak. Jadi deh, dikatain alis Shinchan atau alis ulet bulu.

Nah, kali ini Mimin mau bahas tentang alis. Mulai dari cara mencukur  dan mengukur alis, cara menggambar alis, dan jenis-jenis pewarna alis, biar alis kamu nggak dikatain kayak Shinchan! Tutorial ini sebaiknya dilakukan oleh pembaca Mimin yang cewek, atau Ivan Gunawan.

Cara Membentuk Alis yang tepat

Kesalahan dalam membentuk alis yang sering terjadi adalah karena tidak tepat mengukurnya, salah mencukur atau menggambarnya. Nah, berikut ini adalah langkah mengukur dan mencukur alis yang tepat, biar alis kamu nggak kepanjangan atau kependekan:

A. Pilih bentuk alis yang cocok dengan bentuk wajah.

Jangan mentang-mentang pas ngeliat alis Rihanna bagus, kamu juga langsung ngikutin gaya alis dia. Padahal muka rihana oval, sedangkan muka kamu jajaran genjang. Jadi, pilih model alis yang pas dengan muka kamu sendiri ya.

B. Ukur panjang alis dengan benar

Seperti yang bisa dilihat di gambar, ada 3 langkah mengukur panjang alis. Pertama, garis 1 adalah pangkal alis, yang artinya di situlah alis dimulai. Jangan melebihi atau mundur dari garis 1. Kedua, garis 2 yaitu lengkungan alis, yang artinya di situlah titik alis kamu dilengkungkan. Ketiga, garis 3 adalah ujung alis, yang artinya di situlah alis kamu berakhir. Jangan melebihi panjang garis 4, sebab nanti akan terlalu panjang.

C. Rapikan alis dari rambut-rambut sekitar alis

Cukur rambut halus sekitar alis, agar bentuk alis lebih rapi dan jelas. Jadi pas mau ngegambar, tinggal ditebelin aja biar lebih tegas bentuknya. Kalo masih banyak rambut halus, alis jadi jelek karena tidak rapi. Kedua, sisir alis kamu ke atas, lalu pangkas rambut alis yang melebihi garis alis alami kamu. Ketiga, sisir alis ke bawah dan pangkas juga rambut alis yang melebihi garis alis alami bagian bawah. Mencukurnya bisa menggunakan razor, atau dicabut dengan pinset.

D. Menggambar alis

Cara ngegambar alis yang bener itu bukan cuma asal tebel, apalagi dikotakin kayak besek bancakan.

  1. Mencabut alis dengan pinset, rapikan sampai membentuk alis yang diinginkan.
  2. Buat kerangka alis, tarik 2 garis atas dan bawah untuk mempertegas bentuk alis.
  3. Isi alis yang kosong di bagian tengah hingga ujung, sementara bagian pangkal alis dibiarkan agak tipis untuk memberikan kesan natural.
  4. Baurkan eyebrow highlighter atau bisa juga dengan foundation di bagian tulang alis/bawah alis agar bentuknya lebih tegas.
  5. Ratakan agar tidak menggumpal atau terlalu tebal.

Jenis-jenis pewarna alis

Saat ini di pasaran, beredar berbagai macam pewarna alis, mulai dari pensil hingga pomade. Apa sih perbedaannya? Gimana bentuknya? Nah, ini Mimin share buat kamu! ^^

  • Pensil alis
    Ini sih udah umum yah, biasanya pemula memang sebaiknya pake pensil alis karena bisa diatur ketebalannya dan bisa mengikuti gerakan tangan dengan baik. Ada yang harus diserut, ada yang tinggal putar.
  • Eyebrow gel
    Biasanya untuk pemula masih agak susah, karena harus pake kuas dan rawan ketebelan. Selain yang berwarna, ada juga eyebrow gel yang bening, fungsinya biar alisnya lebih awet dan waterproof.
  • Browcara
    Nah yang ini, perpaduan eyebrow dan mascara. Bentuknya seperti mascara, ada sikatnya. Jadi fungsinya ya cuma buat mewarnai rambut alis aja, bukan untuk membentuk.
  • Eyebrow pomade
    Tau kan pomade untuk rambut? Nah, ini sama bentuknya. Pakenya sama kayak eyebrow gel, dengan bantuan kuas.

Gimana, udah cukup jelas pembahasan tentang alisnya? Yang nggak kalah penting, warna alis itu bukan tergantung warna kulit tapi tergantung warna rambut. Kalo rambut kamu hitam, ya alisnya warna hitam. Kalo rambut kamu cokelat, ya alisnya coklat.

Semoga artikel ini bisa ngebantu kamu yang lagi belajar bikin alis yah. Coba dipraktekin di rumah, jangan nyerah kalo hasilnya jelek atau gagal. Minta pendapat orang sekitar kamu, apakah alis kamu udah bagus atau belum, karena yang melihat kan orang lain. 😉

Kalo ada yang mau ditanyakan mengenai alis, silakan tulis di kolom komentar ya, girls!

Selamat berdandan!

Tulis Komentar

Komentar