dalam Review

Sumur merupakan cara masyarakat Indonesia mendapatkan sumber air bersih untuk keperluan sehari hari saat ini.

Zaman semakin modern membuat masyarakat yang dulunya menggunakan sumber air sungai menjadi beralih membuat sumur di rumah rumah masing masing karena air sungai sekarang sudah banyak tercemar limbah Industri dan limbah plastik sehingga kualitas airnya tidak layak untuk di konsumsi.

Terlebih lagi penggundulan Hutan, Gunung, lahan yang banyak pohon besar, mengakibatkan debit air sungai yang semakin berkurang.

Baca juga : Sumur bor Jogja

Selanjutnya masyarakat mencari solusi yaitu membuat sumur konvensional dengan digali manual dengan diameter besar sekitar 80 cm – 100 cm dengan kedalaman 10 m- 15 m untuk mendapatkan air bersih.

Dengan sumur seperti itu bisa saja memperoleh sumber air bersih namun hanya dalam jumlah yang terbatas dan seringnya debit air tinggal sangat sedikit ketika musim kemarau panjang.

Jumlah air yang dihasilkan di sumur konvensional pasti sangat kurang memadai jika digunakan untuk kebutuhan banyak rumah, pabrik, usaha cuci mobil atau laundry, serta hotel dan apartment. Solusi selanjutnya adalah membuat sumur bor.

Sumur bor memiliki keunggulan yang lebih banyak dibanding sumur konvensional:

  1. Sumur bor bisa dibuat dengan kedalaman 50 m – 150 m.
    Untuk mencapai sumber air di dalam perut bumi yang melimpah, maka permukaan tanah harus di bor dengan kedalaman yang sangat dalam agar mencapai sumber air artesis yang melimpah. Satu satunya cara membuat sumur yang sangat dalam adalah dengan cara mengebor tanah menggunakan mesin modern bor sumur dan tidak bisa dengan cara manual.
  2. Lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak lahan.
    Sumur bor hanya berukuran antara 6 sampai 10 inchi, dan bisa ditutup dengan cor yang praktis bisa ditempatkan di sudut sudut tempat. Hal ini berbeda dengan sumur konvensional yang lebar.
  3. Perawatan lebih mudah
    Sumur bor dilengkapi filter air dari lumpur di dasarnya sehingga tidak perlu menguras karena lumpur. Mungkin dibutuhkan puluhan tahun untuk baru sekali kuras yang perdana. Hal ini memungkinkan anda lebih hemat biaya.
  4. Untuk sumur bor dengan kedalaman diatas 50 m memungkinkan tersedianya sumber air bersih yang melimpah walaupun di musim kemarau.
  5. Kualitas air bersih yang dihasilkan oleh sumur bor relatif lebih bersih, mengandung bakteri yang lebih sedikit dibanding air permukaan dari sumur konvensional.
  6. Air dari sumur bor bening, bebas bau, bebas dari warna kuning, bebas lumpur dan bau besi karat.

Tulis Komentar

Komentar